Alasan Beberapa Kota di Dunia Melarang Penjualan Mobil Hitam Baru

in
Alasan Pelarangan Beberapa Kota Mengenai Penjualan Mobil Berwarna Hitam
Alasan Pelarangan Beberapa Kota Mengenai Penjualan Mobil Berwarna Hitam

Mobil berwarna hitam jelas merupakan mobil yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Ketika kita berkendara di jalan raya, sudah pasti mobil dengan warna ini sangat sering ditemui, dibandingkan mobil dengan warna lainnya. Tentu hal ini juga berlaku dengan kendaraan lainnya.

Tetapi, tahukah kamu ada beberapa kota belahan dunia yang melarang penjualan mobil hitam ini. Bahkan jangankan sampai menjual, memproduksinya saja sangat tidak diperbolehkan. Apa sih alasannya?

Mobil hitam akan menyerap sinar matahari

Ketika mobil ini berpapasan langsung dengan matahari, maka mobil akan banyak menyerap sinar matahari tersebut.

Baca Juga: 4 Trik Keren Agar Bisa Berkendara Dengan Aman

Channel Youtube BuzzFeedBlue pun pernah melakukan eksperimen dengan mobil berwarna putih dan hitam. Ia memarkir mobilnya dekattengah terik matahari yang amat panas. Hasilnya menunjukkan temperatur permukaan mobil hitam naik menjadi 76 derajat celcius, sedangkan mobil putih meningkat juga, tapi hanya 58 derajat celcius.

Interior Mobil
Foto: suzuki.co.id

Melansir dari Science Info, dalam rentang tahun 2008 hingga 2009, negara bagian California, Amerika Serikat sangat melarang pemasaran mobil ini. Alasannya bukan agar membuat para penggunanya merasa nyaman, namun karena kecemasan terhadap dampak lingkungan yang akan membebani mobil tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kamu Sering Mual Saat Melakukan Perjalan, Atasi dengan 5 Cara Ini

Oleh karena itu, ketika musim panas mobil berwarna hitam akan lebih cepat panas daripada mobil dengan warna lainnya.

Selain membuat permukaan atas mobil panas, jika mobil ini berada langsung dengan paparan sinar matahari langsung, maka mobil tersebut akan lebih banyak mengkonsumsi energi untuk dapat mendinginkan kabin.

Baca Juga: Apakah Berada Dalam Mobil Saat Ada Petir, Berbahaya?

Hal ini hanya membuat mobil terlalu banyak menghabiskan bahan bakar, sehingga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan akibat proses pembakaran bahan bakar dalam mesin.

Bukan hanya pada bagian body nya saja, bagian dalam mobil yang juga berwarna hitam sangat rentan mengalami suhu yang tinggi ketika berpapasan langsung dengan sinar matahari. Lama kelamaan bagian interior mobil akan cepat rusak.

Berbahaya juga bagi kesehatan

Kabin mobil dengan suhu yang tinggi juga mempengaruhi kesehatan penumpangnya. Karena sewaktu suhu kabin tinggi akan menciptakan limbah beracun yang berasal dari senyawa organik dari plastik, vinil, perekat dari pengaruh sinar matahari.

Nah, jika kamu memiliki mobil berwarna hitam jangan takut akan hal ini. Asalkan kamu tidak memarkikannya di bawah sinar matahari langsung. Turunkan sedikit kaca mobil, jika waktu parkir cukup lama.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Pesepeda Malas Menggunakan Jalur Sepeda

Baca Juga: Pengen Nyalip Mobil Sebelah Kiri, Eh Malah Nyungsep pelukan Pohon

Atau kamu juga bisa membuka jendela untuk mengeluarkan uap panas yang terkumpul sebelum menghidupkan AC mobil. Atau satu lagi yang paling ampuh dengan cara mengubah warna mobil dengan warna lainnya, seperti warna hijau, kuning, dan warna cerah lainnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.