Pria ini berhasil melarikan diri dari Jerman Timur

in
Conrad Schumann 4
Conrad Schumann 4

Hans Konrad Schumann adalah tentara penjaga perbatasan Jerman Timur yang berhasil melarikan diri ke Jerman Barat setelah melompati konstruksi Tembok Berlin yang baru akan di bangun pada tahun 1961.

Lahir di Zschochau, Saxony ketika berlangsungnya perang dunia 2, Schumann bergabung ke tamtama Bereitschaftspolizei (polisi negara) ketika usianya 18 tahun.

Conrad Schumann 4 1
Conrad Schumann melompati kawat berduri ke Berlin Barat pada 15 Agustus 1961.
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Setelah 3 bulan pelatihan di Dresden, dia ditempatkan di perguruan tinggi non-komisi di Potsdam, setelah itu dia menjadi sukarelawan untuk bertugas di Berlin.

Menjaga Tembok Berlin

Conrad Schumann 4 2
Bereitschaftspolizei.
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Pada 15 Agustus 1961, Schumann yang berusia 19 tahun dikirim ke sudut Ruppiner Strasse dan Bernauer Strasse untuk menjaga Tembok Berlin pada hari ketiga pembangunannya.

Pada saat itu Tembok Berlin masih berupa gulungan kawat berduri. Di sisi lain (Jerman Barat), ada yang berteriak kepadanya, “Komm’ rüber!” (“Datanglah kemari!”), dan sebuah mobil polisi berhenti untuk menunggunya.

Conrad Schumann 4 3
Tembok Berlin masih berupa gulungan kawat berduri.
Sumber Gambar: Stripes

Melompati Kawat Berduri

Schumann melompati kawat berduri sambil menjatuhkan senapan mesin ringan PPSh-41 dan segera dibawa dari tempat kejadian oleh polisi Berlin Barat.

ARTIKEL TERKAIT •
Beberapa film tentang TNI yang pernah dibuat

Fotografer Jerman Barat, Peter Leibing, memotret pelarian Schumann. Fotonya sejak itu menjadi gambar ikon era Perang Dingin dan ditampilkan pada awal film Disney 1982 Cross Night.

Adegan tersebut, termasuk persiapan Schumann, juga difilmkan pada film 16-mm dari perspektif yang sama oleh camarographer Dieter Hoffmann.

Conrad Schumann 4 4
Schumann melompati konstruksi Tembok Berlin.
Sumber Gambar: Dominicandcoco

Akhir Kisah

Schumann pergi dari Berlin Barat ke Jerman Barat, di mana ia menetap di Bavaria. Pada 1962, ia bertemu dan menikahi Kunigunde Gunda di Günzburg. Mereka memiliki seorang putra pada tahun berikutnya.

Dia mengambil pekerjaan baru di kilang anggur dan akhirnya di pabrik perakitan mobil Audi di Ingolstadt, tempat dia bekerja selama hampir 30 tahun.

Setelah jatuhnya Tembok Berlin ia berkata, “Hanya sejak 9 November 1989 [tanggal runtuhnya tembok berlin] saya merasa benar-benar bebas.”

Pada 20 Juni 1998, Schumann menderita depresi, ia bunuh diri dengan menggantung dirinya di sebuah kebun di dekat kota Kipfenberg di Upper Bavaria. Tubuhnya ditemukan oleh istrinya beberapa jam kemudian.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Lebih Dekat 15 Negara Pecahan Uni Soviet (Part-2)

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Aldino Akbar Rabkanastan

Still trying to learn english, mandarin and русский
Fall in love with Central Asia and Caucasus