Mengenal Air Purifer, Alat Penjernih Udara

in
Air Purifer
Credit Image: Which.uk

Apakah kalian pernah mendengar Air Purifer? Air Purifer adalah alat untuk menjernihkan udara di ruangan. Udara di ruangan akan bersih dan bebas polusi, setelah disaring oleh Air Purifer.

Alat ini dibagi menjadi tiga tipe sesuai dengan lokasi pemasangan, ada tipe fan air purifer, electric air purifier, dan ion generator.

1. Tipe fan air purifier

Fan Air Purifer
Source Image

Air Purifer ini merupakan air purifer yang paling umum sering digunakan. Dengan menggunakan kipas yang terdapat di dalamnya, mesin ini akan menyaring udara sekitar. Udara akan didorong ke dalam filter, sehingga udara di dalam ruangan akan bebas debu dan bau.

Harga untuk tipe ini relatif murah dan terjangkau, namun kita perlu mengganti filter secara berkala agar selalu dapat digunakan secara optimal. Karena harganya terjangkau, kita bisa memasangnya di beberapa kamar sekaligus.

2. Tipe electric air purifier

Electric Air Purifer
Source Image

Tipe air purifer satu ini, sedikit berbeda dengan tipe fan air purifer. Electric air purifer dapat menjernihkan udara secara optimal karena mesin ini bekerja dengan daya listrik statis dan filter di dalam mesin jarang tersumbat.

ARTIKEL TERKAIT •
Indonesia Dan "Revolusi Industri 4.0"

Karena bekerja dengan daya listrik statis, mesin ini dapat bekerja dengan suara yang tenang. Selain itu, mesin ini memiliki kinerja plasma yang mampu mempertahankan kejernihan udara dalam waktu yang lama.

Namun sayang sekali, tipe air purifer ini jarang ditemukan di Indonesia, dan juga harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan tipe fan air purifer. Dengan cara kerjanya yang tenang, mesin ini cocok jika dipasang di dalam kamar.

3. Tipe ion generator

Ion Generator
Source Image

Tipe yang satu ini bentuknya kecil, sangat cocok untuk ditempatkan di tempat yang tidak terlalu luas seperti kamar mandi, dalam mobil, atau lorong rumah. Jenis air purifer ini menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara.

Ion negatif akan menjernihkan udara dan menetralkan bau, yang akan membuat udara sekitar akan menjadi lebih segar. Namun karena ukurannya kecil, tentu saja dampak yang dihasilkan minim.

Luas jangkauan air purifer dan luas ruangan

Ruangan
Source Image

Sesuaikanlah luas jangkauan mesin dengan luas ruangan agar mendapatkan hasil yang optimal. Applicable floor space merupakan istilah yang menunjukan luas ruangan yang dapat dibersihkan dalam waktu 30 menit. Waktu tersebut dihitung jika ruangan digunakan untuk merokok sekitar 5 batang.

ARTIKEL TERKAIT •
Awas, Ini Bahaya yang Mengintai Saat Menggunakan VPN Gratisan

Semakin luas applicable floor space pada mesin, maka akan semakin cepat udara yang dapat dibersihkan.

Volume udara besar untuk sirkulasi udara lebih cepat

Kapasitas volume udara yang besar, dapat membuat kita menjernihkan udara lebih cepat. Udara yang akan disirkulasikan akan semakin cepat jika udara yang dikeluarkan volumenya semakin besar.

Sederhananya, debu akan masuk ke rumah ketika kita membuka jendela. Nah, produk dengan volume udara besar, mampu membersihkan udara dalam ruangan lebih cepat setelah kita menutup jendela.

Namun perlu kita ingat, semakin cepat dan bersih kinerja produk dalam menejrnihkan udara, maka daya yang dikeluarkan akan semakin besar pula. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa memilih produk yang dilengkapi dengan timer, sehingga penggunaanya bisa lebih efisien.

Referensi: my-best.id

Berikan Nilai Untuk Konten ini