Tempat Paling Romantis Di Indonesia Dengan 91 Juta Bunga Mawar Setahun

in
Tempat Paling Romantis Di Indonesia Dengan 91 Juta Bunga Mawar Setahun
Indonesia Dengan 91 Juta Bunga Mawar Setahun

Jawa Timur, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu merupakan tempat paling romantis karena dalam setahun kecamatan ini menghasilkan  91 juta tangkai bunga mawar. Dengan begitu Kecamatan Bumiaji dijuluki sebagai kecamatan penghasil bunga mawar terbesar di Indonesia.

Jawa Timur, memiliki 3 kecamatan Kota Batu yang dikenal sebagai penghasil bunga mawar. Jumlah itu bukan angka yang kecil karena mencapai 45% dari total produksi mawar seluruh Indonesia yang mencapai 202 juta tangkai pada 2018.

Bunga-bunga mawar terbaik untuk mengekspresikan rasa cinta

Cara Menanam Bunga Mawar
Indonesia Dengan 91 Juta Bunga Mawar Setahun |romadecade

Kota Batu yang memiliki ketinggian sekitar 600-1.500 meter di atas permukaan air laut serta suhu di kisaran 15-20 derajat Celcius menjadikan wilayah ini sebagai pusat budi daya aneka tanaman hias termasuk bunga mawar.

Bumiaji yang paling dominan sebagai penghasil mawar. Kecamatan Batu misalnya menghasilkan 9,79 juta tangkai mawar dan Kecamatan Junrejo sekitar 308.000 tangkai.

Mawar adalah bunga cinta yang sudah tidak diragukan lagi

21429 Mawar Sang Ratu Bunga
Bunga mawar | bobo.grid

Sebagai penghasil bunga mawar terbesar, pasar bunga mawar dari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini sampai berbagai kota lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Solo, dan Semarang. Tidak hanya itu, ekspor bunga mawar kian prospektif karena tingginya permintaan, khususnya dari Jepang.

Provinsi yang menghasilkan bunga potong terbesar pada tahun 2018 secara berturut-turut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Kementerian Pertanian menyebut setidaknya ada 220 jenis tanaman hias yang menjadi binaan. Jenis yang populer adalah anggrek, krisan, tulip, melati, dracaena, Heuchera, mawar, lily, flamboyan, dan lainnya.

Bunga mawar mendapat julukan sebagai ratunya bunga

Rose 5ae7e1b35e137328f74cd893
Indonesia Dengan 91 Juta Bunga Mawar Setahun |kompasiana

Meskipun berduri, tanaman ini berbunga cantik dan harum. Mahkotanya memiliki tekstur yang lembut seperti kain beludru atau kain satin. Umumnya bunga mawar berwarna merah atau merah muda. Tetapi ada juga bunga mawar berwarna putih, kuning, biru, hitam, atau kombinasi beberapa warna.

Diperkirakan inilah alasan bunga mawar disebut ratunya bunga atau queen of flowers:

  1. Bunga mawar bisa digunakan sebagai bahan kosmetik. Ada air mawar yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.
  2. Beberapa parfum menggunakan aroma bunga mawar.
  3. Kecantikan bunga mawar dikagumi sejak ribuan tahun yang lalu oleh para ratu, kaisar, pujangga, dan pelukis.
  4. Secara umum bila orang ingin mengungkap rasa cinta dengan bunga, maka bunga mawar yang dipilih.

Jadi tidak salah kiranya Bumiaji disebut sebagai kecamatan paling romantis di Indonesia karena penghasil mawar terbesar di Tanah Air. Memberi bunga adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan cinta anda kepada seseorang. Baca juga 5 Bunga yang cocok Dijadikan Pengharum Ruangan Alami(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini