Apa Sih Bedanya United Kingdom, England, dan Great Britain?

in
Sumber Picture: hswstatic.com

Sering kita mendengar United Kingdom, England, dan Great Britain, baik itu ketika membaca buku, artikel, bahkan saat menonton televisi. Tak sedikit juga yang menyebutkan bahwa ketiganya adalah nama lain dari negara Inggris. Padahal ketiganya memiliki perbedaan dan memang berhubungan dengan Inggris.

United Kingdom

Source picture: Jagran Josh

United Kingdom atau biasanya disebut Kerajaan Inggris sering kali disebut sebagai deskripsi dari negara Inggris. Hal ini kurang tepat, karena UK bukan hanya negara Inggris saja, tapi terdiri dari berbagai negara.

UK berdiri dari 4 negara berdaulat yang tergabung dalam otoritas Kerajaan Inggris. Empat negara tersebut ialah Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Sesuai namanya, Kerajaan memilih Ratu sebagai kepala negara. Sedangkan masing-masing 4 negara di bawah naungannya tadi dipimpin oleh Perdana menteri.

UK memiliki bendera sendiri, bendera tersebut disebut juga Union Jack. Uniknya Union Jack merupakan gabungan dari bendera 3 negara, yaitu Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Great Britain

Source picture: britannica

Dalam bahasa Indonesia, Great Britain disebut juga Britania Raya. Sama seperti UK, Great Britain sering disamakan dengan negara Inggris.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Liverpool FC Tidak Disukai Se-antero Inggris?

Nyatanya Britania Raya bukanlah sebuah negara, ia merupakan daratan yang terdiri dari tiga negara, yaitu Skotlandia, Wales, dan Inggris.

Inggris merupakan negara terbesar dari Britania Raya yang mencakup 57 persen daratan Britania Raya, disusul Skotlandia yang mencakup 34 persen daratan, dan negara terkecilnya ialah Wales dengan wilayah sekitar 9 persen.

Britania Raya sering disamakan dengan Inggris, terkadang orang-orang Wales dan Skotlandia protes karena disebut sebagai orang Inggris. Padahal Skotlandia dan Wales berbeda dengan Inggris.

England

England’s flag | shutterstock

Dalam keanggotaan negara dalam UK maupun Britania Raya, Inggris termasuk di dalamnya. Jika kita berbicara tentang negara Inggris sebenarnya yang tepat adalah negara dengan nama England. Merupakan negara terbesar yang ada di Britania Raya, baik dalam ukuran negara maupun jumlah penduduk.

Karena ukuran dan jumlah penduduknya yang besar ini lah mengapa Inggris selalu disamakan dengan UK dan Britania Raya. Selain itu, Inggris memiliki ibu kota yang sama dengan UK, yaitu London.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Berikan Nilai Untuk Konten ini