Ini yang Terjadi Jika Serangga Punah

in
Serangga
Credit Image: Youtube

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa sepertinya hidup kita tentram jika tanpa serangga. Para petani tidak perlu insektisida untuk melindungi tanamannya, kita tak perlu disibukkan mengusir lalat yang suka hinggap di makanan, kita tak perlu terganggu oleh nyamuk saat tidur.

Namun, apakah benar kehidupan di Bumi akan baik jika tanpa serangga? Mari simak ulasan berikut agar kita mengetahui pentingnya serangga bagi kehidupan.

Tidak Semua Serangga Merugikan

Sekitar 80 persen tanaman yang hidup di Bumi merupakan ngiosperma atau tanaman berbunga. Tanaman ini harus memiliki serbuk sari yang perlu dipindahkan ke kepala putik bunga lainnya untuk berkembang biak.

Perpindahan serbuk sari ke kepala putik bunga lainnya biasanya dilakukan oleh angin atau pun air. Nah, untuk wilayah yang jarang terdapat angin dan air, perpindahan dilakukan oleh serangga seperti kupu-kupu, lebah, kumbang, lalat.

Tanaman akan hilang dari Bumi jika tidak adanya penyerbukan ini, jika serangga tidak ada, artinya tanaman akan sulit ditemukan, dan bahkan bisa menghilang. Jika tanaman menghilang, rantai makanan yang juga melibatkan manusia akan terganggu.

ARTIKEL TERKAIT •
Ingin menjadi Diri Sendiri, Lakukan 5 Cara Ini

Manusia Akan Kelaparan

Jika serangga punah, banyak mamalia dan burung yang mengonsumsi serangga akan hilang karena serangga adalah makanan mereka. Meskipun ada beberapa hewan yang tidak makan serangga, namun mereka juga akan hilang.

Itu karena hilangnya tanamanan sebagai makanan mereka, lalu hewan pemakan daging juga akan hilang karena mangsa mereka hilang karena tidak adanya tanaman untuk dimakan.

Jika demikian, manusia dipastikan tidak akan memiliki makanan lagi. Dan bisa dipastikan manusia akan mengalami proses kepunahan karena kelaparan.

Bangkai tidak akan terurai

Beberapa serangga memiliki tugas untuk mengurai bangkai-bangkai makhluk hidup. Bayangkan jika serangga tidak ada di Bumi, akan banyak bangkai-bangkai yang akan tidak atau lambat terurai.

Alhasil, Bumi akan berbau busuk dan menyengat. Tentu saja ini akan sangat mengganggu.

Itulah beberapa dampak punahnya serangga terhadap Bumi, ternyata serangga memiliki peran yang besar bagi keberlangsungan hidup di Bumi. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mencintai dan merawat alam yang sudah mulai tua ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Cat Lovers Harus Tau! Inilah Ciri Kucing Kamu Sedang Keracunan

Berikan Nilai Untuk Konten ini