Berikut Alasan Kenapa Burung Sering Berkicau di Pagi Hari

in
Mengapa Burung Sering Berkicau Di Pagi Hari
Mengapa Burung Sering Berkicau Di Pagi Hari

Pastinya kamu pernah mendengar bunyi kicauan burung yang begitu merdu saat pagi hari. Bahkan tiap jenis burung mengeluarkan suara terbaiknya secara terus menerus. Lantas, kenapa sih burung sering berkicau saat pagi hari? Apa ada maksud tersembunyi di balik kicauannya tersebut?

Bunyi-bunyi kicauan burung berbeda tiap jenisnya. Ada yang berkicau sembari bersahutan, dan ada juga yang berkicau seperti berteriak.

Berdasarkan penelitian mengenai ilmu burung atau ornitologi, kicauan burung merupakan cara mereka agar dapat berkomunikasi. Selain itu, burung juga bisa berkomunikasi melalui gerakan.

Baca Juga: Mengenal Burung Albatross Yang Mampu Terus Terbang, Dengan Sayap Terlebar Di Dunia

Alasan Burung Berkicau Di Pagi Hari
Alasan burung berkicau di pagi hari | freesooundslibrary.com

Kicauan burung juga menandakan suatu ekspresi. Contohnya ketika hujan datang atau menemukan makanan yang banyak, maka burung akan sering berkicau.

Burung mampu belajar berkomunikasi

Komunikasi adalah cara yang kita lakukan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan bahasa, banyak yang dapat kita lakukan. Namun, sebelum itu tentu bahasa harus dipelajari.

ARTIKEL TERKAIT •
Flora dan Fauna Khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Baca Juga: Sejarah Burung Kenari Masuk Ke Indonesia Dan Jean De Bethencourt. Apa Hubungannya?

Sedangkan pada burung, komunikasi melalui kicauan bisa mereka kuasai tanpa perlu dipelajari terlebih dahulu. Akan tetapi, fakta itu bukan menjadikan kalau burung tidak bisa belajar hal-hal yang baru. Tak sedikit jenis burung yang dapat menirukan suara hewan lainnya. Sedangkan burung beo mampu menirukan apa yang manusia ucapkan.

Memelihara burung berkicau

Di Indonesia sangat banyak sekali burung-burung yang bunyi kicauannya itu sangat merdu. Maka dari itu, banyak orang yang memiliki hobi mengoleksi burung berkicau, bahkan kegiatan ini sudah dilakukan turun temurun sejak zaman nenek moyang dahulu kala.

Burung Murai Batu
Burung murai batu | Youtube/eyikos

Misalnya burung yang suara kicauannya merdu adalah burung Kenari Yorkshire, Murai Batu, Lovebird Parblue, Lovebird Madagascar, dan Cucak Rowo.

Baca Juga: Makaw Spix: Burung Lucu Di Animasi Rio Yang Telah Dinyatakan Punah

Namun, jika ingin mendengar kicauan merdu burung tidak harus memeliharanya juga. Kamu bisa kok mendengar suara mereka di hutan atau di pohon-pohon rindang.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Burung Merupakan Evolusi Dari Dinosaurus?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.