10 Ikan Paling Berbahaya di Dunia Bagi Manusia

in
Daftar Ikan Paling Berbahaya Di Dunia Bagi Manusia
Daftar Ikan Paling Berbahaya Di Dunia Bagi Manusia

Kalau ngomongin ikan paling berbahaya, pasti kebanyakan orang mengira bahwa ikan tersebut adalah ikan hiu putih besar. Terlebih kalau sebelumnya sudah nonton film Jaws. Naluri predator yang hiu putih miliki dapat menyerang manusia kapan saja karena mereka menganggap ‘itu’ adalah sebuah makanan baginya.

Akan tetapi, ternyata ada jenis ikan lainnya yang dinilai paling berbahaya bagi manusia selain ikan hiu putih, lho. Berikut telah Bebaspedia.com daftar ikan yang sebaiknya manusia hindari, karena bisa mengakibatkan efek tak baik pada diri manusia.

Daftar 10 Ikan Paling Berbahaya di Dunia

1. Ikan Buntal

Ikan Paling Berbahaya Ikan Buntal
Ikan Buntal (worldanimalfoundation.com)

Seperti yang telah kita ketahui, ikan Buntal adalah jenis ikan yang paling beracun dan tentunya paling berbahaya di dunia. Ikan buntal memiliki racun tetrodotoxin yang ia simpan di hati, usus, ovarium, dan kulitnya. Jika manusia sedikit saja terkena racun dari ikan yang berbentuk seperti bola bulat dengan duri tajam pada tubuhnya ini, maka bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan hingga kematian.

ARTIKEL TERKAIT •
Hewan-Hewan Dengan Racun Paling Mematikan Di Dunia

Baca Juga: Kenali 5 Hewan Pengisap Darah Yang Berbahaya Bagi Manusia

Maka dari itu, sangat jarang sekali orang-orang yang menyajikan ikan buntal sebagai sajian makanan. Hanya koki-koki professional saja yang diperbolehkan mengolahnya.

2. Alligator Gar

Alligator Gar
Alligator Gar (wikipedia.org)

Ikan paling berbahaya yang satu ini sudah hidup sejak zaman prasejarah. Jika dilihat, moncong ikan Alligator Gar ini tampak seperti buaya yang sangat menakutkan. Tekstur dari kulit ini pun sangat keras, dan seluruh tubuhnya penuh dengan lendir yang aromanya tidak mengenakkan.

Banyak orang-orang yang sedang merendam kakinya di sungai Amerika utara, namun tiba-tiba kaki mereka diserang oleh ikan ini dan mencoba menariknya ke dalam sungai. Bisa dibilang ikan ini bertanggung jawab atas banyak kasus orang tenggelam di sungai Amerika Utara.

3. Ikan Goonch

Ikan Goonch
Ikan Goonch (animalspot.net)

Goonch fish banyak ditemui di sungai Kali yang berada antara Nepal dan India. Sebab, banyak sekali kasus orang yang menghilang secara misterius di sungai ini. Sebenarnya masih banyak warga setempat yang berdebat mengenai kasus ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Keuntungan Memelihara Ikan Di Dalam Rumah

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Hewan Prasejarah Berukuran Raksasa

Sampai pada suatu hari, mereka menemukan ikan dengan tampang menyeramkan sepanjang 1,8 meter. Banyak juga yang menyebut ikan ini dengan sebutan ikan lele raksasa. Karena dari bentuk tubuhnya sangat mirip dengan ikan lele pada umumnya.

4. Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish
Goliath Tigerfish (animalplanet.com)

Sepertinya hanya dengan melihat gambar di atas tak ada lagi alasan yang bisa menyanggah kalau ikan ini tergolong ikan yang paling berbahaya bagi manusia. Dengan berat mencapai 31 kg dan ukuran tubuh 1,8 m, tak bisa dibayangkan kalau kita sampai bertemu dengan ikan ini.

Goliath Tigerfish sering ditemui di Afrika, dan untuk memangsa mereka akan melakukannya secara berkelompok. Telah banyak kasus kematian manusia di sungai Kongo karena ikan ini.

5. Ikan Paling Berbahaya Payara

Ikan Paling Berbahaya Ikan Payara
Ikan Payara (anglersjournal.com)

Payara fish dikenal juga dengan sebutan ‘ikan vampir’. Hal ini karena gigi yang mereka miliki sangat tajam dan ada beberapa gigi yang ukurannya lebih panjang. Ikan paling berbahaya satu ini dapat berkembang hingga ukuran 1,2 m.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Ikan Juga Kentut?

Baca Juga: Dinosaurus Punah, 5 Hewan Ini Bertahan Hidup Sampai Sekarang

Meskipun ukurannya lebih kecil, namun mereka sanggup memangsa ikan dengan ukuran yang lebih besar. Ikan ini juga merupakan jenis ikan yang mampu menerkam sekumpulan ikan piranha.

6. Ikan Hiu Banteng

Bull Shark
Bull Shark (mentalfloss.com)

Ikan hiu banteng termasuk ke dalam jenis ikan hiu, tapi bahaya yang bisa disebabkan dari ikan ini jauh lebih menakutkan dari jenis ikan hiu lainnya, salah satunya ikan hiu putih. Bagaimana tidak, dengan berat tubuh 272 kg dan ukuran mencapai 3,6 m, ikan ini dengan mudahnya menyusuri air tawar hingga ke danau dan sungai.

Ditambah lagi, hiu banteng dikenal sebagai ikan dengan kekuatan yang paling kuat dan sangat agresif. Apa jadinya jika ikan paling berbahaya ini ada di Indonesia.

7. Ikan Paling Berbahaya Piraiba

Ikan Piraiba
Ikan Piraiba (pinterest.com)

Sekilas mirip dengan ikan lele yang ada di Indonesia, namun ikan Piraiba bisa ditemui di sungai Amazon, Amerika Selatan. Piraiba adalah ikan lele paling besar yang ada di Amerika Selatan dengan ukuran mencapai 3,6 m. Memiliki gigi yang tajam sehingga ia sangat mudah memangsa siapa pun yang mencoba menganggunya.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Makanan Laut Paling Mahal Di Dunia

8. Ikan Piranha

Red Bellied Piranha Or Red Piranha
Ikan Piranha (howstuffworks.com)

Walaupun bentuknya yang kecil, bahkan pasti bagi orang awam mereka tidak akan takut dengan ikan yang satu ini. Namun, jika mulutnya terbuka, kita akan melihat betapa berbahayanya ikan piranha ini. Ikan ini berasal dari negara Brazil dan Amerika Selatan.

Baca Juga: 3 Hewan Marsupial Asli Australia Selain Koala Dan Kangguru

Mereka biasanya berburu secara berkelompok dan mampu menghabisi mangsanya dalam waktu sekejap saja. Hal tersebut karena kekuatan giginya yang sangat mengerikan.

9. Ikan Paling Berbahaya Stonefish

Ikan Paling Berbahaya Stonefish
Stonefish (snorkelingthailand.com)

Ikan paling berbahaya selanjutnya adalah stonefish atau yang juga dikenal dengan nama ikan batu. Bentuk dari ikan ini sangat mengerikan, ia juga mampu berkamuflase mirip seperti batu yang ada di dasar lautan.

Maka dari itu, jika kamu berjalan di lautan, jangan sampai menginjak ikan ini. Karena racunnya sangat berbahaya bagi manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian. Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan racun akibat ikan batu ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Ikan Tidur Juga Tidak Ya?

10. Lionfish

Lionfish
Lionfish (caymancompass.com)

Pasti kamu bingung bukan? Mengapa ikan dengan bentuk yang cantik dan indah ini termasuk ke dalam ikan paling berbahaya di dunia. Bagi orang awam, tentu mereka tidak akan mengira ikan ini sangat berbahaya. Karena pada tubuh Lionfish memiliki duri-duri kecil yang beracun. Jika manusia terkena duri ini, maka akan menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh yang terkena.

Baca Juga: 5 Hewan Laut Yang Menjadi Karakter Di Kartun Spongebob

Sampai-sampai masyarakat di Republik Dominika sangat takut untuk berenang di lautan karena takut bertemu dengan ikan satu ini. Terlebih lagi populasi dari ikan ini selalu bertambah, karena tidak memiliki pemburunya.

Nah, itulah beberapa daftar ikan paling berbahaya di dunia bagi manusia. Sebenarnya masih banyak lagi ikan yang termasuk ke dalam daftar ini. Seperti ikan candiru, ikan anjumara, surgeonfish, wels catfish, ikan toman, ikan pari cincin biru, dan ikan muskellunge.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.