Makhluk Terbesar di Bumi Itu Masih Hidup Bebas Hingga Kini

in
8cb168ea2cc8807dded8c533cfe43d27 600x400
Credit Picture: IDN Times

Memiliki nama ilmiah Balaenoptera musculus, makhluk laut yang memiliki ukuran sangat besar ini adalah makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di planet bumi, bahkan lebih besar dibandingkan dinosaurus terbesar.

Ukuran jantungnya sebesar mobil, dan saluran pembuluh darahnya sangat besar hingga kina bisa berenang di dalamnya. Yup, dia adalah paus biru. Ukuran terbesar yang pernah ditemukan mencapai berat 181 ton dengan panjang 33 meter.

Raksasa Sejati

Hewan Terbesar Di Dunia 1
Perbandingan ukuran paus biru dengan hewan besar lain | lingkunganhidup.co

Jika kita sedang berada di lautan dengan menggunakan kapal, lalu tiba-tiba di samping kapal kita ada paus biru muncul, tentu saja hal tersebut akan membuat kita orang awam menjadi takut.

Kita takut nantinya paus biru tersebut membalikkan kapal kita, terang saja karena ukurannya bahkan lebih besar dari kapal yang kita naiki. Di matanya kita sama seperti jika kita melihat bayi tikus. Sebesar itu lah ukuran paus biru.

Namun sebenarnya kita tak perlu merasa takut, sebab paus biru sama sekali tidak berbahaya bagi manusia, mereka sama seperti kita, yaitu mamalia berdarah hangat yang harus menghirup udara.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kelabang Dengan Sengatan yang Mematikan

Mereka juga memiliki kecerdasan yang kompleks dan merupakan makhluk sosial. Paus biru bukanlah monster, mereka raksasa yang lembut yang harus kita hormati dan lindungi.

Raksasa yang terancam punah

Sejak berabad-abad lalu, paus biru merupakan salah satu hewan yang paling banyak diburu. Bahkan pemerintah AS menempatkan mereka sebagai spesies yang terancam punah. Pada tahun 1931 sebanyak 29.000 paus biru dibantai, mengutip dari mongabay seperti yang dilansir Extreme Science, pada abad 19 hingga 20 para pemburu paus memburu mereka hingga mereka di ambang kepunahan.

Antarctic Krill Euphausia Superba 1
Krill | Mongabay

Makanan paus biru adalah krill, terkadang juga mereka memakan copepoda dalam jumlah kecil. Paus biru dewasa mengonsumsi sebanyak 40 juta krill dalam per hari. Artinya rata-rata dalam sehari mereka memakan 3.600 kilogram krill.

Memiliki suara yang keras

Salah satu fakta mengenai paus biru lainnya adalah mereka memiliki suara yang sangat keras. Dengan menggunakan decible meter, para peneliti mengukur suara-suara frekuensi rendah yang dihasilkan paus biru untuk saling berkomunikasi.

ARTIKEL TERKAIT •
Berkenalan Dengan Sinopoda Scurion, Laba-Laba yang Tidak Punya Mata

Hasilnya, beberapa vokalisasi mereka terekam sekeras 188 decibel yang dapat didengar sejauh 848 km. Jika dibandingkan, suara tersebut sama kerasnya dengan pesawat jet udara yang lepas landas hingga mencapai 120 decibel.

Hal ini dapat menyimpulkan satu fakta menarik, yaitu, paus biru merupakan makhluk hidup yang dapat menghasilkan suara terkeras di dunia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini