Penyebab Tikus Bersarang di Rumah, Meskipun Sudah Diusir Berulang Kali

in
Penyebab Tikus Terus Bersarang Di Rumah
Penyebab Tikus Terus Bersarang Di Rumah

Apa yang kamu lakukan jika di rumahnmu menjadi sarang dari tikus? Tentu akan membuat kita kesal dan sebal bukan? Hewan pengerat satu ini selalu dianggap sebagai hama. Maka dari itu, diperlukan cara yang efektif untuk mengusir hewan ini.

Namun, bagaimana jika kita sudah mengusirnya, namun datang lagi, datang lagi berulang kali. Lantas, apa sih yang menyebabkan mengapa hama ini selalu bersarang di rumah kita?

Dan ternyata terdapat 5 hal yang menyebabkan rumah kita menjadi daya tarik untuk tikus tinggal. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tempat Hangat sangat disukai tikus

Tempat Hangat Sangat Disukai Tikus
Tempat hangat sangat disukai | dekoruma.com

Memang pada umumnya, hewan mencari tempat tinggal yang disana terdapat makanan, air, dan bisa dijadikan sebagai tempat berlindung. Dan tikus menjadi salah satu hewannya.

Begitupun dengan hewan pengerat lainnya yang secara naluriah akan mencari tempat yang hangat untuk ditinggali. Maka dari itu banyak hama yang tinggal di rumahmu.

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Disebabkan Oleh Tikus

Jika kita tidak ingin jumlah mereka semakin banyak, maka kita harus melakukan sesuatu agar mereka tidak melakukan pengrusakan terhadap barang-barangmu.

Perlu diingat juga bahwa tikus menjadi penyebab terjadinya kebakaran, hal itu karena mereka yang gemar menggiti kabel-kabel.

2. Makanan tercukupi untuk tikus

Makanan Tercukupi
Makanan tercukupi | grid.id

Tikus tergolong ke dalam jenis hewan omnivora, jadi dia bisa memakan apa saja. Seperti susu, sayuran, kacang, daging, dan masih banyak lagi yang bisa mereka makan. Bahkan mereka juga menyukai selai cokelat dan kacang yang biasa kita aplikasikan ke roti.

Maka, jika di rumahmu ada tempat sampah yang terbuka. Segera tutup. Karena jika terus dibuka, mereka akan mengacak-ngacak tempat sampah tersebut yang pada akhirnya membuat rumah berantakan.

3. Kompos dan kotoran hewan

Kotoran Hewan Peliharaan
Kotoran hewan peliharaan | kompas.com

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tikus adalah hewan pemakan apa saja. Bahkan kotoran hewan peliharaan atau olahan pupuk kompos pun dapat mereka konsumsi.

Baca Juga: Usir Tikus Dengan 7 Bahan Alami Ini

Untuk menghindarinya, kita harus rajin-rajin membersihkan kotoran hewan peliharaan dan juga kandangnya hingga bersih. Kalau kamu memiliki pupuk kompas, sebaiknya letak di luar rumah atau ruangan khusus yang tidak bisa dimasuki oleh mereka.

4. Pipa bocor

Pipa Yang Bocor
Pipa yang bocor | pipahdpe.co.id

Sama seperti hewan pada umumnya, jika mereka merasa haus maka mereka akan segera mencari air. Tikus pun demikian, air sangat dibutuhkan sebagai sumber tenaga bagi mereka. Jika mereka tak menemukannya, maka mereka akan mencari dari sumber dalam ruangan langsung.

Seperti dari pipa bocor, mangkuk bekas minum hewan peliharaan, air keran yang terus menetes, dan tempat lainnya yang membuat mereka bisa menemukan air. Karena itulah, kita harus selalu mengecek pipa atau keran untuk mengatasinya.

5. Jalan masuk yang gampang

Akses Jalan Tikus Yang Gampang
Akses jalan yang gampang | rumah123.com

Dan penyebab lainnya tikus dapat dengan mudah masuk keluar dari rumah adalah karena jalan masuk yang gampang. Perhatikan lubang atau celah dari rumahmu, jika ukurannya melebihi 1,2 cm maka mereka pasti akan melewati jalur tersebut.

Baca Juga: Seorang Pria Di China Memakan Bayi Tikhus Hidup-Hidup!

Namun, mereka juga sangat lihai dalam memanjat yang memungkinkan mereka dapat memasuki rumah lewat atap atau loteng rumah.

Nah, itulah 5 penyebab mengapa hewan pengerat satu ini selalu bersarang di rumah kita. Oleh karena itu, kita harus menghindari dan mengatasi penyebab-penyebabnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.