Wah Blue Moon Akan Kembali Terjadi di Tahun 2020

in
Gettyimages 912436152
Credit Image: standart.co.uk

Kita telah melihat beberapa perstiwa supermoon dan blood moon di tahun 2019 kemarin. Sebelum itu juga kita telah menyaksikan gerhana bulan super blue blood moon di tahun 2018.

Nah pada tahun 2020 ini, fenomena blue moon akan bisa kembali kita saksikan lho! Berikut ulasannya!

Apa Itu Blue Moon?

Selama ratusan tahun, istilah dalam bahasa Inggris “once in a Blue moon” sudah digunakan. Istilah tersebut untuk menggambarkan sebuah peristiwa yang sangat langka.

Seperti istilah tersebut, Blue Moon bukanlah fenomena yang memperlihatkan bulan berwarna biru. Blue Moon hanya terlihat seperti bulan purnama biasa. Namun yang membuat fenomena ini langka ialah blue moon merupakan bulan purnama tambahan yang terjadi pada satu musim.

Biasanya negara dengan empat musim, dalam satu musimnya akan terjadi tiga bulan purnama. Saat ada blue moon, satu musim bisa mengalami empat bulan purnama.

Untuk mempermudah, jadi kemunculan bulan purnama terjadi dua kali dalam satu bulan kalender, bulan purnama kedua itu lah yang disebut blue moon. Hal ini membuat satu tahun akan terjadi 13 kali bulan purnama.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Peristiwa Antariksa di Tahun 2019

Blue Moon Tahun 2020

Menurut NASA, blue moon di tahun 2020 akan terjadi di bulan Oktober mendatang. Bertepatan dengan perayaan Hallowen, blue moon 2020 jadi lebih terasa spesial, yaitu pada tanggal 31 Oktober 2020.

Bahkan, peristiwa blue moon yang bertepatan dengan Hallowen ini tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2039.

Seasonal Blue Moon

Sedikit berbeda dengan NASA, menurut Farmer’s Almanac blue moon adalah bulan purnama ketiga yang terjadi dalam satu musim yang memiliki empat bulan purnama. Satu musim yang dimaksud adalah waktu antara ekuinoks dan solstis.

Definisi seasonal blue moon lebih tua dibandingkan dengan blue moon yang muncul sebagai bulan purnama kedua dalam satu bulan. Dan berdasarkan Farmer’s Almanac atas definisi tersebut, seasonal blue moon akan terjadi pada 22 Agustus 2021.

Sumber: bobo.grid.id

Berikan Nilai Untuk Konten ini