Bisnispedia

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bagi Usaha Kecil

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa ketika menjual sebuah produk diperlukan merek dagang atau brand yang dapat menginformasikan citra produk atau jasa Anda.Kekuatan brand atau merek sangat berpengaruh terhadap kelangsung bisnis Anda. 

Salah satunya akan mempengaruhi konversi penjualan produk atau jasa Anda. Bagi konsumen butuh kepercayaan untuk menentukan konsumsi atas sebuah produk. Ada satu cara yaitu dengan meningkatkan brand awareness dalam produk atau jasa yang Anda tawarkan, dapat secara tidak langsung meningkatkan perilaku konsumen. 

Apa Itu Brand Awareness?

Secara sederhana merupakan sebuah kesadaran para konsumen atas sebuah merek dagang yang diberikan para pebisnis. Istilah ini sangat lekat dalam strategi marketing. Intinya, sebuah kemampuan para target konsumen untuk kenal, sadar dan ingat akan sebuah merek yang beredar. Maka dengan itu, konsumen akan semakin yakin untuk mengkonsumsi produk tersebut. 

Biasanya brand awareness diwujudkan dalam tulisan merek, gambar logo, slogan dan lain sebagainya. Hal ini penting sebagai upaya Anda untuk bersaing dengan kompetitor bisnis. Para konsumen akan membeli / menggunakan produk tersebut jika merek sudah dikenal dan diikuti oleh banyak peminat.

ARTIKEL TERKAIT •
Banyak yang Tertipu, Ternyata Bikers Cantik ini Seorang Pria Berusia 50 Tahun

Contoh Brand Awareness

Nah, ini merupakan alat yang cocok untuk meningkatkan konversi penjualan Anda. Brand merupakan identitas bisnis Anda. Contohnya, merek “Starbucks”. Siapa yang tidak mengenal merek kopi satu ini? Brand awareness yang diciptakan sudah sangat kuat dan melekat pada benak masyarakat pecinta kopi. Masih banyak merek dagang lainnya yang juga sudah memiliki kekuatan dalam brandnya seperti Aqua, Pepsodent, Maspion, Rinso dan lainnya.

Semakin meningkatnya kesadaran akan merek dagang, maka akan semakin meningkat pula konversi penjualan. Walau tentunya ini bukan hal yang mudah dan dapat di raih dengan waktu yang cepat. Sehingga brand awareness menjadi hal yang penting bagi pebisnis namun harus didampingi dengan kualitas produk atau jasa yang baik pula.

Ikuti 5 Cara Cepat Tingkatkan Brand Awareness

1. Gunakan Media Sosial Bisnis

Media Sosial
Media Sosial

Coba dengan cara ini, brand Anda akan lebih dapat diterima dengan baik. Faktanya bahwa setiap manusia saat ini sudah memilih media sosial sebagai konsumsi utama dan masuk dalam gaya hidup mereka. Aktifkan seluruh media sosial Anda dan juga jalin komunikasi baik dengan konsumen Anda. Mulai dari facebook, instagram, whatsapp bahkan sampai website bisnis Anda.

ARTIKEL TERKAIT •
Banyak yang Tertipu, Ternyata Bikers Cantik ini Seorang Pria Berusia 50 Tahun

2. Buatlah Video Menarik

Orang Sedang Merekam Dengan Smartphone
Orang Sedang Merekam Dengan Smartphone

Jaman sekarang, masyarakat lebih cenderung kepada visual. Anda bisa manfaatkan platform Youtube untuk dapat memberikan informasi atas brand dan produk Anda. Bagaimana caranya? Mulai dari membuat video dengan durasi maksimal 2 menit. Kemudian buatlah channel Youtube atas produk atau jasa Anda. Pastikan konten video yang Anda buat sangat menarik, informatif, dan sangat mudah dipahami oleh para konsumen. Sehingga dengan begitu Anda dapat dengan mudah meningkatkan brand awareness secara massal dan dalam waktu lama.

3. Buat Event Online

Child 5976952 1280
Child 5976952 1280

Kondisi seperti ini tidak memungkinkan Anda untuk membuat event dalam bentuk berkumpul dengan jumlah banyak orang. Maka ada sebuah pilihan yaitu bentuklah event online dimana Anda juga dapat menjangkau lebih banyak orang tanpa perlu bertemu langsung. Ini juga bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Selain meningkatkan brand awareness dalam waktu cepat dan massal, Anda juga dapat meningkatkan konversi penjualan atas produk atau jasa secara otomatis. 

Namun perlu dikemas dengan menarik dalam event online tersebut. Jangan sampai terkesan hanya untuk menjual produk atau jasa Anda. Berikan konsumen informasi dan nilai lebih dalma event tersebut. Seperti ilmu baru, ide baru dan cara praktis yang relevan dengan produk dan jasa Anda. 

ARTIKEL TERKAIT •
Banyak yang Tertipu, Ternyata Bikers Cantik ini Seorang Pria Berusia 50 Tahun

4. Kolaborasi Dengan Pihak Yang Kompeten

Teamwork 3213924 1280
Teamwork 3213924 1280

Ini merupakan salah satu cara yang terbaik untuk meningkatkan brand awareness. Sudah tidak sulit untuk Anda mencari partner dalam berkolaborasi. Anda harus pastikan mengeluarkan biaya minim dalam hal sponsorship atau kolaborasi ini. Bagaimana caranya? 

Sebelum Anda mengajak kolaborasi, perhatikan dahulu siapa yang ingin Anda ajak untuk bergabung? Kemudian tentukan nilai lebih dari produk Anda dan apa yang bisa diberikan untuk partner kolaborasi Anda. Misalnya dengan menggunakan logo masing-masing partner, atau saling memberikan waktu untuk promosi, dan lain sebagainya Pastikan ini semua menguntungkan untuk kedua belah pihak.

5. Cari Influencer Yang Tepat

Influencer Media Sosial
Influencer Media Sosial

Mungkin menjadi alternatif yang tepat untuk mendorong minat beli dari para konsumen. Kini, sudah banyak sekali pemilik brand, termasuk brand lokal sekalipun memilih beberapa vlogger / blogger untuk bisa mereview suatu produk atau jasanya. Sangat bervariasi dari segi biaya yang dikeluarkan. Sehingga dapat Anda terapkan untuk bisnis yang kecil sekalipun. Perlu perencanaan yang matang untuk hal ini, seperti mencari influencer yang tepat, biaya yang ekonomis, serta konten atau isi yang harus disampaikan. 

ARTIKEL TERKAIT •
Banyak yang Tertipu, Ternyata Bikers Cantik ini Seorang Pria Berusia 50 Tahun

Itulah 5 cara yang sudah dibagikan untuk meningkatkan brand awareness bagi bisnis Anda. Semoga ini dapat bermanfaat dan sukses selalu. 

Related Posts