Faktapedia

Benarkah Bulu Kuduk Berdiri Tanda akan Suatu Hal Mistis?

Tubuh manusia memiliki bulu yang tumbuh di atas pori-pori kulit. Bulu-bulu ini akan berdiri dalam beberapa kondisi. Kita sering kali menyebut kondisi ini sebagai bulu kuduk berdiri.

Ketika bulu kuduk berdiri, banyak orang yang mengatakan bahwa kita sedang dalam kondisi merinding. Tidak sedikit orang mengatakan bahwa kondisi tersebut adalah tanda suatu akan hal mistis yang kita rasakan.

Namun apakah benar demikian? Pada tulisan kali ini Bebaspedia bakal membahas tentang hal tersebut. Penasaran? Mari simak di bawah ini.


Benarkah Bulu Kuduk Berdiri Tanda akan Suatu Hal Mistis?

Benarkah Bulu Kuduk Berdiri Tanda Akan Suatu Hal Mistis
Bulu Kuduk Berdiri | Healtline

Melansir dari Healtline, penyebab bulu kuduk berdiri adalah saat tubuh mengalami sentuhan tertentu dan mengalami beberapa kejadian. Bersamaan dengan ini, otak secara otomatis langsung mengaktifkan mode sianga yang menyebabkan perubahan pada rambut kulit.

Dalam dunia medis, kinerja otak ini sendiri disebut sebagai istilah refleks pilomotor. Yang mana refleks tersebut bertanggung jawab untuk menghangatkan suhu tubuh.

Diketahui bahwa refleks ini berfungsi untuk memanaskan otot-otot tubuh untuk segera bergerak dan bekerja. Hal inilah yang menjadi penyebab bulu kuduk kita berdiri. Tidak heran bahwa kondisi ini juga akan kita rasakan ketika tubuh sedang merasakan kedinginan.

ARTIKEL TERKAIT •
Mitos Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kolesterol Agar Tidak Salah Paham

Namun, menurut mitos masyarakat, bulu kuduk berdiri sendiri karena ada suatu hal mistis yang kita rasakan. Ada sosok mahluk halus yang sedang berada di dekat kita. Mitos ini sampai sekarang masih sangat populer di kalangan masyarakat.

Dilain sisi, Bulu kudu berdiri secara tiba-tiba menandakan bahwa seseorang mengalami gejala penyakit tertentu. Gangguan ini dikenal dengan nama hipperrefleksia otonom atau disrefleksia otonom.

Ada beberapa penyakit yang ditandai oleh bulu kuduk berdiri. Seperti gastroenteritis, radang paru-paru sampai influenza. Bagaimana tanggapan mu mengenai hal ini? Berikan tanggapan mu ya.

Related Posts