Faktapedia

7 Fakta Unik Korea Utara yang Mungkin Engga Kamu Percaya, Menyembah Kim Jong-Il?

Fakta Korea Utara dilapangan terkadang bikin gigit jari. Salah satu negara yang saat ini masih dipimpin oleh diktator itu masih saja membuat publik dunia heran.

Tentu Semua orang sudah tahu negara Korea Utara. Salah satu negara dengan berbagai kontroversial ini memang dikenal memiliki kebijakan cukup berbeda dengan negara-negara pada umumnya.

Kebijakan mengerikan yang Korea Utara miliki menjadi salah satu alasan kenapa negara tersebut menjadi pusat perhatian dunia. Hal ini tidak mengherankan bahwa Korea Utara adalah negara paling tertutup di dunia.

Cukup sulit untuk mendapatkan berbagai informasi dari negara Komunis ini. Karena alasan ini lah semua orang mulai penasaran dengan Korea Utara. Negara dengan ibukota di Pyonyang ini tentu memiliki beberapa fakta yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya.

Pada tulisan kali ini, Bebaspedia bakal membahas tentang beberapa fakta unik nan aneh negara Korea Utara. Penasaran dengan hal tersebut? 7 Fakta Mengerikan Korea Utara! Cek di bawah ini.

7 Fakta Korea Utara yang Bikin Kita Terheran-heran


1. Tidak bebas mengakses internet

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il 1 1
Korea Utara

Fakta nya, internet saat ini memiliki jutaan domain, tapi di Korea Utara hanya ada 28 situs web yang boleh di akses oleh warga Korea Utara. Situs web tersebut pun terbilang biasa saja seperti pendidikan, asuransi, dan beberapa berita terkait negara tersebut.

Tidak semua orang dapat merasakan internet di rumah. Komputer merupakan sebuah barang yang cukup sulit untuk dibeli dan kamu harus memiliki izin untuk menggunakannya. Hanya ada ribuan orang yang bisa mengakses internet dari 25 juta penduduk Korea Utara.


2. Gaya rambut harus meniru Kim Jong Un

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il
Kim Jong Un

Korea Utara adalah salah satu negara dengan aturan paling ketat di dunia. Bahkan gaya rambut warga disana harus meniru pemimpin mereka saat ini Kim Jong Un. Kunjungan ke salon akan diawasi ketat oleh polisi rahasia.

Warga Korea Utara harus patuh dan taat untuk mengikuti gaya rambut para pemimpin mereka. Ada 10 jenis potongan rambut untuk pria dan 18 jenis potongan rambut untuk wanita. Gaya potongan rambut pria harus semirip mungkin dengan Kim Jong Un.


3. Tidak merayakan Natal

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il
Kim Jong Un

Korea Utara adalah salah satu negara yang tidak merayakan natal di dunia. Hal ini tentu karena Korea Utara memang memiliki paham komunis yang tidak meyakini berbagai agama yang ada di dunia ini. Sebagai ganti dari Natal, warga Korea Utara memperingati hari kelahiran Presiden Kim Jong-Il pada tanggal 24 Desember setiap tahun.


4. Terowongan rahasia

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il 1 3
Terowongan Korea Utara

Negara komunis ini diketahui pernah membuat sebuah terowongan untuk mematai negara tetangga mereka yaitu Korea Selatan pada tahun 2014 silam. Pada akhirnya pihak Korea Selatan pun mengetahui tentang terowongan rahasia ini.

Namun, pihak Korea Utara terus membantah terkait terowongan ini. Yang mana mereka mengatakan bahwa terowongan ini dibuat untuk mencari batu bara. Dilain sisi, terowongan ini banyak digunakan oleh warga Korea Utara untuk kabur dari negara tersebut.


5. Dilarang selfie

Nkorea Politics
Korea Utara

Ketika kamu berlibur ke Korea Utara, kamu tidak diperbolehkan untuk selfie alias memotret. Kamu dilarang untuk mengambil foto atau video di berbagai area pada negara tersebut. Ketika kamu ketahuan melanggar peraturan ini, kamu bisa dijatuhi hukuman cukup berat oleh pemerintah setempat.

Alasan kenapa peraturan ini berlaku sendiri adalah karena Korea Utara adalah negara tertutup. Mereka tidak membebaskan negaranya terekpos ke dunia luar. Hal ini membuat pengambilan foto atau video dilarang oleh pemerintah.


6. Sistem hukuman 3 generasi

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il
Kim Jong Un

Apakah kamu tahu bahwa di Korea Utara menerapkan sistem hukuman 3 generasi. Hukuman ini tidak hanya berlaku untuk para pelanggar saja, namun juga semua kerabat akan mengalami hal serupa.

Jika ada yang melanggar aturan dari pemerintah setempat, terutama tahanan politik, maka seluruh keluarganya juga akan terkena nasib yang sama. Hukuman ini termasuk kakek, nenek, orang tua dan anak-anak. Mereka akan ditahan atau dikirim ke kamp kerja paksa.


7. Menyembah Kim Jong-Il

7 Fakta Mengerikan Korea Utara Menyembah Kim Jong Il 1
Hari Peringatan kematian Kim Jong Il

Kita semua tahu bahwa Korea Utara adalah negara komunis. Menurut informasi, Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-Il selaku pemimpin de facto Korea Utara. Pemimpin resminya adalah Kim Il-Sung yang merupakan ayah kandung dan telah meninggal pada tahun 1994.

Berdasarkan penuturan warga Korea Utara, Kim Jong-Il lahir di gunung Paektu layaknya dewa mistis. Alasan nya karena gunung ini dianggap keramat oleh warga disana.


Nah, Itulah 7 Fakta Mengerikan Korea Utara. Setelah mengetahui beberapa fakta terkait Korea Utara tersebut, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi negara satu ini? Berikan tanggapan mu di bawah ya.

source: Google

Related Posts