menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFaktapedia4 Penemuan Aneh dalam Dunia Medis yang bikin Geleng-geleng Kepala

4 Penemuan Aneh dalam Dunia Medis yang bikin Geleng-geleng Kepala

4 Penemuan Aneh Dalam Dunia Medis Yang Bikin Geleng Geleng Kepala
4 Penemuan Aneh Dalam Dunia Medis Yang Bikin Geleng Geleng Kepala

Dunia medis seringkali memunculkan penemuan-penemuan aneh yang sampai diluar nalar manusia. Tentunya dari penemuan tersebut, para peneliti langsung bertindak untuk melakukan penelitian untuk mencari tahu hal yang belum terpecahkan tersebut.

Memang penelitian yang dilakukan oleh tenaga medis itu membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga, yang tak sedikit. Namun, menarik untuk menunggu hasil kinerja dari penelitian tersebut.

Hingga saat ini, sudah banyak penelitian yang telah berhasil dilakukan dalam dunia medis. Sampai-sampai, membuat kita berpikir ‘mengapa hal demikian bisa ada atau terjadi?‘.

Baca Juga: Penemuan Stetoskop Yang Pertama Kali Terbuat Dari Pipa Kayu Dan Secara Kebetulan

Dilansir dari Listverse, Rabu (24/2/2021), berikut 4 penemuan aneh dalam dunia medis yang bikin kita sampai geleng-geleng kepala.

1. Air Mata Darah

Woman Suffering From Depression Sitting On Bed And Crying
Ilustrasi air mata darah | powerofpositivity.com

Kisah ini datang dari seorang pria asal Italia yang memiliki rasa ketakutan terhadap dirinya sendiri. Pasalnya, tanpa ia ketahui penyebabnya, pada kedua matanya seringkali mengalir darah.

Hal yang menimpanya tersebut ia yakini mirip seperti film horor yang ia tonton di bioskop. Karena itulah, ia mendatangi dokter untuk mengecek kesehatannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Lebih dari 1.300 Petugas Medis di China Terinfeksi Virus Corona

Ia mengakui kalau air mata darah tersebut tidak keluar saat ia menangis, namun keluar begitu saja tanpa penyebab. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akhirnya dapat memvonis penyakit yang pria itu alami.

Keadaan itu disebut sebagai Hemoclaria. Walau kondisi tersebut sangat jarang terjadi, namun untungnya sang dokter mengetahui cara untuk mengobatinya.

Ketika diteliti, ternyata pria itu menderita hiperemia konjungtiva, yaitu adanya peradangan di daerah selaput yang menghalangi mata. Kondisi tersebut muncul karena seseorang yang kelebihan darah. Selain itu, juga ada faktor tumor jinak pada kedua kelopak mata pria itu.

2. Suara Beatboxing

Beatboxing
Ilustrasi beatboxing | tricycle.org

Pastinya kamu sering bertanya-tanya bagaimana bisa para beatboxing itu mengeluarkan berbagai macam suara dari mulutnya.

Pada tahun 2018 lalu, para peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui organ mulut orang-orang yang jago beatboxing. Mereka memisahkannya dalam beberapa bagian, dari gender, usia, dan kemampuan yang dimiliki.

Saat para beatboxing itu memamerkan aksinya, sistem scanner secara otomatis memahami dan merekam gerakan bibir, lidah, rahang, saluran hidup, dan laring para beatboxing tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Penemuan Stetoskop yang Pertama Kali Terbuat dari Pipa Kayu dan Secara Kebetulan

Saat itu menjadi pertama kalinya peneliti memperhatikan mekanisme seni pada mulut beatboxing tersebut. Yang biasanya hidung, mulut, hingga tenggorokan digunaka untuk bernafas dan mengeluarkan suara.

Dan hasilnya bukan hanya dari mulut saja para beatboxing tersebut menghasilkan bunyi-bunyi unik. Namun juga dari bibir, lidah, tenggorokan, laring, hidung, dan organ lainnya untuk mendapatkan bunyi sesuai yang diinginkan.

Baca Juga: Seram, Google Street View Temukan Penampakan Sosok Mengerikan Bermata Satu

3. Misteri manusia pingsan

Pingsan
Ilustrasi pingsan | inquirer.com

Saat manusia berdiri, terjadi penurunan terhadap tekanan darah secara tiba-tiba. Bahkan akibat pergeseran yang sangat parah bisa membuat seseorang menjadi pingsan saat mereka mencoba bangkit dari kursi.

Lantaran masalah ini sangat sering terjadi, sehingga para peneliti melakukan penelitian untuk memecahkan misteri pingsan itu. Di tahun 2018 lalu, sebuah penelitian mengungkapkan kalau pingsan juga diakibatkan karena ketidakstabilan refleks baroseptor.

Karena refleks baroseptor sangat berfungsi untuk setiap perubahan tekanan darah tubuh seseorang. Secara berkesinambungan, baroseptor menghasilkan potensial aksi sebagai respon terhadap tekanan dalam arteri.

ARTIKEL TERKAIT •
Pelik, Setiap Melihat Pria yang Menurutnya Tampan, Wanita ini Akan Lemas dan Pingsan

Saat tekanan arteri meningkat, maka potensial aksi pun akan meningkat yang akan membuat kecepatan pembentukan potensial aksi di neuron eferen yang bersangkutan ikut meningkat. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya saat tekanan arteri menurun.

4. Manusia Ikan

Penemuan Aneh Dalam Dunia Medis Manusia Ikan
Suku Bajau | Twitter/@tribespeople

Pernahkah kamu mendengar terdapat suku bernama Bajau yang juga dikenal dengan sebutan ‘pengembara laut‘. Suku ini memiliki kemampuan berenang dan menyelam yang sangat hebat. Mereka dapat berada di dalam air dalam waktu yang cukup lama tanpa adanya bantuan peralatan, seperti tabung oksigen dan lainnya.

Seorang peneliti dari Cambridge University mengungkapkan kalau orang di suku Bajau dapat menyelam lama dikarenakan tubuh mereka dapat beradaptasi dengan air saat berada di dalam air.

Baca Juga: Menggunakan Smartphone Berlebihan Ternyata Bisa Merubah Struktur Otak Loh!

Berdasarkan penelitian tersebut, masyarakat suku Bajau secara keturunan mempunyai perbedaan pada ukuran limpa mereka yang jauh lebih besar. Karena itulah, mereka dapat menyelam ke dalam air dan menahan nafas dalam waktu cukup lama hanya dengan satu tarikan nafas saja.

Add comment