Faktapedia

Kenapa Mata Orang Bule Memiliki Warna Berbeda dari Orang Indonesia?

Manusia memang diciptakan dengan beragam perbedaan. Mulai dari warna kulit sampai bentuk tubuh. Selain itu semua, warna mata juga sering kali jadi perbincangan banyak orang.

Jika di Indonesia, warna mata setiap orang secara umum memiliki warna hitam. Warna ini berbeda dengan bule-bule yang kerap memiliki warna mata kebiruan hingga coklat keemasan.

Sementara orang Asia sendiri kerap memiliki warna mata yang gelap seperti hitam dan cokelat. Apa alasan kenapa mata orang Asia berbeda warna dari orang Bule? Pada tulisan kali ini Bebaspedia bakal membahas tentang hal ini.

Penasaran? Mari simak di bawah ini.


Kenapa Mata Orang Bule Memiliki Warna Berbeda dari Orang Indonesia?

Kenapa Mata Orang Bule Memiliki Warna Berbeda Dari Orang Indonesia
Ilustrasi | Warna Mata

Melansir dari Journal of Human, Perbedaan warna mata pada manusia ini dikarenakan perbedaan gen yang diberikan oleh masing-masing orang tua. Setiap gen memiliki komposisi tertentu hingga setiap komposisi tersebut menghasilkan warna yang berbeda pula.

Dalam artian, warna mata manusia ini tergantung pada jumlah sel-sel melanosit  pada iris mata dan bagaimana persebarannya. Sel-sel melanosit ini akan menghasilkan melanin yaitu sejenis pigmen yang dapat ditemukan pada mata yang memberi warna pada iris mata.

Apakah kamu tahu? Iris mata manusia sendiri memiliki beberapa lapisan yang menjadi bagian penentu penampilan warna mata. Nah, perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan jumlah melanin pada stroma, dan kepadatan sel di stroma mata.

Pada iris mata yang berwarna cokelat, terdapat melanosit dan melanosom yang melimpah di epitelium pigmen dan stroma. Sementara itu, pada iris mata yang berwarna biru, lapisan tersebut mengandung sedikit melanin.

Warna mata biru, hijau, dan hazel merupakan hasil dari hamburan Rayleigh pada cahaya di stroma, sebuah fenomena yang mirip dengan penyebab langit berwarna biru. Hamburan Rayleigh sendiri dapat dipahami sebagai hamburan elastis cahaya atau radiasi elektromagnetik.

Karena ini, warna mata merupakan warna struktural dan bervariasi tergantung pada kondisi cahaya. Bagaimana tanggapan mu mengenai hal ini? Berikan tanggapan mu ya.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN