Faktapedia

Saemangeum Seawall, Tembok Laut Buatan Manusia Terpanjang di Dunia

Tembok laut adalah salah satu bentuk perlindungan kawasan pesisir yang terdampak langsung dengan laut. Tujuan tembok laut ini dibangun sendiri adalah untuk melindungi area pemukiman penduduk, konservasi dan rekreasi dari ombak, pasang sampai Tsunami.

Indonesia sendiri memiliki banyak Tembok Laut ternama. Hal ini karena Indonesia memang merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut. Namun, tembok laut terpanjang di dunia sendiri bukan lah berasal dari Indonesia, melainkan Korea Selatan.

The Saemangeum Seawall merupakan tembok laut buatan manusia terpanjang di dunia. Tembok laut ini diketahui terletak di pesisir barat daya Semenanjung Korea. Diketahui bahwa tembok laut ini memiliki panjang 33 kilometer yang tanggulnya membentang di antara dua tanjung.

Selain itu, dinding ini juga memisahkan Laut Kuning dan bekas muara Saemangeum. Berbicara mengenai hal ini, pada tulisan kali ini Bebaspedia bakal membahas secara lengkap terkait Tembok Laut satu ini. Penasaran? Mari simak di bawah ini.


Tembok Laut Buatan Manusia Terpanjang di Dunia

Saemangeum Seawall Tembok Laut Buatan Manusia Terpanjang Di Dunia
Saemangeum Seawall | Korea Herald

Pemerintah Korea Selatan pada tahun 1991 mengumumkan bahwa mereka akan membangun tanggul yang akan menghubungkan tiga tanjung di selatan kota pelabuhan industri Korsel, Gunsan 270 km barat daya Seoul untuk menciptakan 400 km lahan pertanian dan reservoir air tawar. 

Pemerintah Korea Selatan telah menghabiskan 23 triliun rupiah untuk membangun tanggul tersebut. Kemudian 2,5 triliun rupiah untuk memperkuat tanggul dan 15 triliun rupiah untuk mengubah dataran pasang surut menjadi lahan subur dan waduk.

Meskipun biaya pembangunan dan lainnya telah ditetapkan. Pembangunan tembok laut terpanjang ini tidak berjalan lancar alias mulus. Ada berbagai kontroversi yang terjadi terkait dengan rencana pembangunan ini. Salah satunya adalah ada kelompok lingkungan memprotes dampak tanggul terhadap lingkungan setempat.

Terlebih lagi pada tahun 1999 dan 2005 Tantangan Mahkamah Agung menyebabkan penghentian sementara produksi tetapi akhirnya gagal menghentikan proyek tersebut. Kontroversi terkait pembangunan ini pun resmi berakhir pada tahun 2006 dan menjadikan Saemangeum Seawall sebagai tembok laut terpanjang di dunia.

Tembok laut terpanjang sendiri sebelumnya dipegang oleh negara Belanda dengan Afsluitdjik di IJsselmeer. Kapan kira-kira Indonesia akan memiliki tembok laut terpanjang di dunia juga? Menarik untuk kita tunggu.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN