3 Efek Kesehatan Mengerikan Jika Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

in
8543688 3x2 940x627
8543688 3x2 940x627

Mau itu nonton TV, main game, chatting di smartphone, bahkan bekerja di depan layar PC / laptop, yang jelas gak dipungkiri, budaya berlama-lama menatap layar elektronik, kini kian marak saja.

Bahkan bisa dikatakan “menggila”. Mengapa? Karena (ya mengaku sajalah), banyak dari kita yang menghabiskan 1-2 jam lebih menatap layarnya. Padahal kebiasaan seperti ini sangatlah tidak bagus bagi kesehatan mata dan juga organ tubuh lainnya loh!

Nah, berikut setidaknya 3 efek kesehatan mengerikan yang lama-lama bisa kita dapatkan jika maish sering melakukan kebiasaan yang demikian.

1. Meningkatkan Resiko Jantung

Man Has Cardiovascular Disease1
Sakit jantung | Medical News Today

Berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan, terungkap bahwa seseorang yang sering menghabiskan waktu di depan layar elektronik selama 7 jam atau lebih, umumnya ia akan lebih beresiko terkena jantung atau salah satu jenis kanker.

Kalau dipikir, biasanya potensi jantung akan baru muncul ketika seseorang melakukan aktivitas berat. Berbeda dengan di depan komputer atau smart phone yang pada dasarnya hanya duduk diam saja atau melakukan aktivitas yang tingkat kesibukannya super minim.

ARTIKEL TERKAIT •
Handphone Dengan Teknologi Canggih Akan Hadir Tahun 2020 Dilengkapi Dengan 5G!

Walau logika tersebut masuk akal, namun faktanya, para peneliti kesehatan telah membuktikan bahwa justru sedikit beraktifitas juga bisa meningkatkan resiko jantung. Jadi ya imbangkan saja ya guys.

2. Susah Tidur

Istock South Agency 696x392 1
Bisa jadi susah tidur loh! | Health Europa

Menurut penelitian, cahaya biru (blue light) dari layar elektronik yang kita tatap, justru bakalan membuat kita menjadi sulit untuk tidur nyenyak.

Hal ini dikarenakan cahaya biru-nya, akan mengganggu circadian rhythm di tubuh kita. Circadian rhythm pada dasarnya, adalah salah satu ritme alami di dalam tubuh yang mengatur siklus bangun-tidur kita selama 24 jam setiap harinya.

Selain itu hal ini juga akan mengganggu zat melatonin di dalam tubuh yang mana, fungsi melatonin adalah untuk menyenyakkan tidur kita setiap harinya. Dan apabila kualitas tidur terganggu, tentunya ancaman penyakit-penyakit mematikan seperti jantung, akan bisa menghantui kita dalam waktu dekat.

3. Permasalahan di Kedua Mata

Stress Vision Problems Hero 678x446 Compressor
Tentunya indera penglihatan kian bermasalah | All About Vision

Berbagai peneliti dengan super valid mengungkapkan bahwa layar di PC, gadget, memiliki resiko yang sangat tinggi ke kedua mata kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Edit Foto Seperti Photoshop Hingga Remix Lagu, Berikut 7 Hal Gratis di Internet yang Bisa Kalian Manfaatkan

Beberapa gangguang kesehatan mata yang bisa didapa antara lain: Mata lelah, mata kering, buram, dan sakit kepala. Nah bagi kita-kita yang termasuk sering berlama-lama, well jangan kaget kalau gue katakan, resiko kita untuk terkena salah satu dari jenis gangguan tersebut, kian tinggi saja.

Jadi atur waktunya sedemikian mungkin ya guys! Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?

Berikan Nilai Untuk Konten ini