5 Kecanduan Yang Sama Berbahayanya Dengan NARKOBA

in
Kecanduan NARKOBA

Kecanduan Narkotik dan Obat-Obatan Terlarang (NARKOBA), memang sangat berbahaya. Bahkan kalau sudah parah banget, bisa menghilangkan nyawa kita.

Tapi faktanya, terdapat juga 5 kecanduan lain yang sama atau bahkan lebih berbahayanya. Dan berikut adalah 5 kecanduan lain yang dimaksud.

1. Judi

Mungkin kalau di negeri kita, sangat sedikit orang yang kecanduan ini. Tapi jangan tanya deh di Amerika Serikat. BANYAK BANGET.

Bahkan kecanduan inilah yang lebih ditakutkan disana daripada NARKOBA. Karena, bisa membuat kita cepat habis duit dan hidup pun menjadi kacau balau.

Bahkan berdasarkan penerlitian yang dilakukan oleh American Psychiatric Association (APA), kebiasaan judi bisa mengaktifkan bagian otak yang biasanya aktif karena kecanduan NARKOBA.

2. Shopping

Sama hal-nya seperti judi. Adalah di Amerika Serikat kecanduan ini lebih dominan.

Walau memang terlihat jauh tidak berbahaya, tapi faktanya kebiasaan ini sangatlah fatal apabila terus-terusan dilakukan. Karena tentunya, bisa membuat kita cepat kehabisan uang.

Ditambah lagi, membuat kita membiasakaan diri untuk belanja yang gak perlu-perlu. Alhasil membuat kamar menjadi sumpek dan kotor. Jadi biasakan berbelanja kalau lagi emang perlu aja.

ARTIKEL TERKAIT •
Walaupun Sangat Haus, Jangan Sampai Meneguk Minuman Dengan Cepat dan Banyak

3. Seks

Yap. Gak dipungkiri kecanduan ini juga sering kita lihat (atau jangan-jangan kita yang kecanduan nih?)

Memang kegiatan berhubungan intim menyehatkan. Bahkan berdasarkan penelitian, melakukan hubungan intim bisa membakar kalori layaknya seperti melakukan 30 menit jogging atau olahraga-olahraga lain.

Tapi bukan berarti juga kita melakukannya dengan istri setiap hari 3-5 kali juga. Itu mah namanya kecanduan. Dan kalau sudahkecanduan, tentunya akan bisa merusak seluruh aktivitas sehari-hari.

Kalau mau lihat implikasi akibat kecanduan seks, langsung deh nonton film Shame (2011) yang dibintangi oleh Mchael Fassbender (X-Men: First Class). Dijamin kamu bakalan miris deh melihatnya.

4. Video Game

Gak heran jika alat penghibur diri ini kerap dibenci sama orang tua. Karena memang sekalinya kecanduan, sangat sudah untuk keluar. Apabila kecanduan ini mengarah ke kita bekerja di industrinya, maka tentunya kecanduan ini positif.

Tapi kalau tidak dan bahkan, merusak pekerjaan / hidup kita sehari-hari, nah ini tentunya gak bener. Dan faktanya memang sudah banyak contoh kasusnya. Di A.S kecanduan video game hingga detik ini masih menjadi masalah serius.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Efek Negatif Dari Sering Menggunakan Media Sosial

5. Media Sosial

Bukan internet. TAPI MEDIA SOSIAL! Dan faktanya di era super internet sekarang ini, banyak banget kita temukan kecanduan jenis ini.

Memang bagus apabila kita aktif membagikan video atau tautan yang bermanfaat atau menunjukkan bakat kita. Dan juga bagus dan asyik bila berhubungan lagi dengan teman lama.

Tapi kalau dilakukan setiap hari atau dari pagi ke pagi lagi buka media sosial tanpa tujuan jelas, tentunya hal ini akan membuat keadaan pikiran dan mental menjadi rusak. Belum lagi apabila ada yang mem-bully. Makin gak deh rasanya.

Dan faktanya, seluruh kecanduan ini bisa kok kita hindari. Semua bisa karena awalnya diniatkan. Jadi mulailah niatkan diri kamu untuk tidak terjerumus ke kecanduan-kecanduan ini ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini