Ampuh, 8 Cara Mengatasi Anemia yang Biasanya Diberikan

in
Cara Mengatasi Anemia Dengan Mudah
Cara Mengatasi Anemia Dengan Mudah

Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi pada tubuh. Kondisi ini bisa menimpa siapa saja, terutama kaum wanita. Namun masih banyak orang yang tidak menyadari kalau dirinya sedang mengidap penyakit anemia. Terlebih lagi pada bagaimana cara yang tepat bagaimana mengatasi anemia itu sendiri.

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Banyak faktor yang menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah, seperti sel darah merah yang rusak, produksi sel darah merah yang menurun, dan kehilangan banyak darah.

Maka dari itu, sangat penting untuk si penderita memeriksakan dirinya ke dokter. Hal itu agar dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang terbaik untuk mengatasi anemia kamu.

Baca Juga: 3 Efek Kesehatan Mengerikan Jika Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

1. Mengkonsumsi Zat Besi

Mengkonsumsi Zat Besi
Mengkonsumsi Zat Besi (webmd.com)

Anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi adalah jenis anemia yang umum diderita banyak orang. Terutama bagi wanita yang sedang menghadapi menstruasi berat. Anemia jenis ini diakibatkan karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Karena itu, sel darah merah pada tubuh tidak terproduksi dalam jumlah yang cukup.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Cara Terbaik Mengatasi Perut Kembung di Rumah

Nah, untuk mengatasi anemia yang disebabkan karena kurangnya zat besi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau bisa dari suplemen yang direkomendasikan oleh dokter.

Makanan itu seperti, bayam, hati atau jeroan, daging merah, quinoa, brokoli, kerang, kacang-kacangan, atau daging kalkun. Atau makanan seperti cokelat yang mengandung kandungan zat besi yang tinggi.

2. Mengkonsumsi Vitamin B12 dan Asam Folat

Mengkonsumsi Vitamin B12
Mengkonsumsi Vitamin B12 (harvard.edu)

Penyakit anemia bisa juga disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B12 dan folat. Karena kedua nutrisi ini memiliki peran penting untuk memproduksi sel darah merah yang sehat.

Baca Juga: Konsumsi 3 Vitamin Penting Cegah Virus Corona

Untuk mengatasi anemia, kamu harus mencukupi asupan vitamin B12 dan folat yang ada pada makanan atau minuman. Seperti sayuran hijau, telur, alpukat, jeruk, kacang-kacangan, ikan salmon, hati sapi, susu, keju, atau ikan tuna.

3. Menggunakan Obat-Obatan

Mengatasi Anemia Dengan Mengkonsumsi Obat Obatan
Mengkonsumsi Obat Obatan(doktersehat.com)

Setelah mengkonsultasikan ke dokter mengenai kondisi anemia yang kamu derita. Dokter akan memberikan sebuah resep untuk mengatasi kurang darah karena penyakit tertentu, contohnya masalah autoimun.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

Beberapa resep obat yang akan diberikan oleh dokter untuk mengatasi masalah anemia yang kamu derita.

  • Imunosupresan, seperti anti-thymocyte globulin atau cyclosporine bagi penderita anemia aplastik yang tidak bisa melakukan transplantasi sumsum tulang.
  • Deferasirox untuk membuang zat besi yang berlebih.
  • Obat-obatan seperti sargramostim, pegfilgrastim, dan filgrastim yang bermanfaat untuk membuat sumsum tulang memproduksi sel darah yang baru.

4. Melakukan Transplantasi Sel Sumsum Tulang Belakang

Transplantasi Sel Sumsum Tulang Belakang
Transplantasi Sel Sumsum Tulang Belakang (cubaheal.com)

Pengobatan untuk mengatasi anemia dengan cara ini biasanya dilakukan kepada pasien yang menderita penyakit anemia aplastik parah. Melakukan transplantasi sel punca ke sumsum tulang belakang kebanyakan dilakukan pada penderita yang umurnya masih muda, dan sel puncanya akan didapatkan dari saudara kandungnya.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Paru-Paru Sehat

Selain itu, pengobatan dengan cara ini juga bisa dilakukan bagi penderita anemia thalasemia yang kasusnya parah. Hal ini bisa menghilangkan kebutuhan untuk transfusi darah seumur hidup atau mengkonsumsi obat untuk menambah darah kasus anemia dalam kurun waktu jangka panjang.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Cara Terbaik Mengatasi Perut Kembung di Rumah

5. Plasmapheresis Untuk Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia Plasmapheresis
Mengatasi Anemia Plasmapheresis (askhematologist.com)

Penyakit anemia juga dapat terjadi karena plasma darah pada tubuh mengandung antibodi yang menyerang sel-sel sehat pada tubuh, salah satunya sel darah merah. Melakukan pengobatan anemia dengan cara plasmapharesis bisa jadi akan memisahkan plasma darah.

Dengan prosedur ini, plasma darah yang telah rusak nantinya akan diganti dengan yang baru dan sehat. Opsi lainnya, plasma bisa diganti sementara waktu dengan larutan lainnya, misalnya albumin atau saline atau disimpan terlebih dahulu dan kemudian dipasangkan kembali pada tubuh.

6. Mengkonsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi Vitamin C
Mengkonsumsi Vitamin C (webmd.com)

Cara ampuh mengatasi anemia secara alami lainnya yaitu dengan mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Karena nutrisi ini dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Baca Juga: Sering Makan Mi Instan? Siap-Siap Hadapi Dampak Kesehatan Menegerikan Ini!

Untuk memperoleh asupan yang lebih maksimal, kamu bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan asupan yang mengandung vitamin C. Karena akan menghasilkan hemoglobin yang cukup bagi tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

7. Mengkonsumsi Probiotik Untuk Mengatasi Anemia

Mengkonsumsi Probiotik
Mengkonsumsi Probiotik (experiencelife.com)

Meskipun tidak secara langsung dapat meningkatkan produksi sel darah merah, akan tetapi probiotik memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan tubuh sehat selalu. Usus yang sehat akan selalu bekerja dengan efektif dan efisien yang mana akan menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diStanford University, Amerika Serikat, ketika seseorang mengonsumsi asupan suplemen probiotik maka kada vitamin B dan zat besi pada darah akan meningkat.

Makanan-makanan sehat yang mengandung probiotik, seperti yogurt, tempe, miso, acar, kefir, kimchi, dan kombucha.

8. Melakukan Transfusi Darah

Mengatasi Anemia Tranfusi Darah
Tranfusi Darah (healthline.com)

Berbagai jenis anemia biasanya akan direkomendasikan oleh dokter sebagai pengobatannya, Seperti misalnya anemia hemolitik yang memerlukan pengobatan transfusi darah, namun tidak terlalu sering.

Baca Juga: 4 Makanan Sehat Yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

Untuk anemia aplastik bukan obat yang cukup ampuh untuk mengatasi anemia jenis ini. Sedangkan pada anemia karena thalasemia, perlu dilakukan transfusi darah setiap beberapa minggu sekali.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.