10 Cara Terbaik Mengatasi Perut Kembung di Rumah

in
Mengatasi Masalah Perut Kembung
Mengatasi Masalah Perut Kembung

Pastinya kamu pernah mengalami perut kembung atau begah. Kalau pernah, gimana sih rasanya? Pasti sangat tidak mengenakkan bukan? Rasanya perut itu seperti kenyang namun isinya kosong. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena untuk mengatasi masalah perut kembung sangatlah mudah, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, kamu bisa mengobatinya dengan cepat daripada menunggu gejala tersebut sembuh seiring waktu.

Berbagai Cara Terbaik Untuk Mengatasi Perut Kembung

Seperti diketahui, gejala perut kembung timbul karena terdapat sejumlah gas yang menumpuk dalam perut. Bagi siapa pun yang mengalaminya, tentu sangat membuat tidak nyaman.

Daripada menggunakan obat-obat medis untuk mengatasinya, sebaiknya kamu menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi perut kembung. Terlebih lagi bisa dilakukan di rumah.

Baca Juga: Ini 4 Penyakit Yang Menyebabkan Sakit Perut Setelah Makan

1. Buang kentut atau Sandawa

Sengajakan Kentut
Sengajakan kentut (metro.co.uk)

Mengatasi perut kembung yang pertama ialah dengan membuang angin atau kentut dan sandawa secara sengaja. Dengan begitu, gas yang menumpuk dalam perut meliputi sistem pencernaan akan dikeluarkan.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

Maka dari itu, ketika kamu mengalami masalah perut kembung, jangan menahan-nahan kalau ingin kentut atau sandawa. Segera cari tempat yang aman untuk mengeluarkannya.

Selain itu, kamu juga bisa mengeluarkan gas dalam perut dengan cara buang air besar. Karena gas akan keluar bersamaan dengan feses.

2. Mengatasi Perut Kembung Dengan Bergerak Selalu

Mengatasi Perut Kembung Bergerak Selalu
Bergerak Selalu (insider.com)

Ketika perut terasa kembung, jangan hanya diam tidak melakukan apa-apa dan berharap masalah itu hilang dengan sendirinya. Kamu harus bergerak selalu melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan, jogging, atau melakukan gerakan pemanasan.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Atasi Perut Kembung Pada Anak

Hal tersebut dilakukan agar otot-otot pada usus dapat kendor, yang mana akan melancarkan pergerakannya untuk mengalirkan gas yang berlebih dalam perut. Selain itu, cara mengatasi perut kembung yang satu ini juga dapat membuat pembuangan feses menjadi lancar.

3. Makan Secara Perlahan

Makan Secara Perlahan
Jangan terburu-buru (bestfood4you.wordpress.com)

Makan secara perlahan dapat membuat keluhat perut terasa kembung menjadi lebih parah. Karena jika kita makan dengan cepat, akan membuat banyak udara akan ikut masuk ke sistem pencernaan tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Intip, 5 Tips Ampuh Atasi Perut Kembung Pada Anak

Keadaan tersebutlah yang menyebabkan perut akan terasa kembung, begah, atau penuh. Nah, untuk mengatasi perut kembung, disarankan untuk mengunyah makanan sebanyak 30 kali sebelum menelannya.

4. Jangan Minum Soda Untuk Mengatasi Perut Kembung

Young Woman Having A Summer Refreshing Drink Outside
Jangan minum soda (soyummy.com)

Seperti diketahui, minuman ber gas seperti soda, bir atau minuman berkarbornasi lainnya akan membuat perut terasa penuh atau kembung. Hal itu karena kandungan karbon dioksida yang terkandung pada minuman ber gas.

Gelembung pada perut akan tercipta akibat karbon dioksida yang tertumpuk pada perut, khususnya sistem pencernaan. Ditambah lagi, biasanya minuman seperti ini ada campuran pemanis buatan.

Baca Juga: Sayuran Dan Minuman Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Pemanis buatan juga bisa membuat perut menjadi kembung. Maka dari itu, untuk mengatasi perut kembung, biasakan diri untuk lebih memilih minum air putih.

5. Jangan Makan Berlebih

Jangan Makan Secara Berlebih
Jangan Makan Secara Berlebih (youthincmag.com)

Mungkin kamu pernah mengalami setelah makan dengan porsi yang banyak, perut terasa kembung atau begah. Memang sih, makan dengan porsi banyak akan membuat perut terasa kenyang.

ARTIKEL TERKAIT •
Ampuh, 8 Cara Mengatasi Anemia yang Biasanya Diberikan

Akan tetapi, hal tersebut juga bisa mengakibatkan perut menjadi penuh, begah, atau kembung. Cara terbaik untuk mengatasi perut kembung ialah dengan membatasi porsi makan, baik itu saat pagi hari, sore hari, maupun malam hari.

Atau jika kamu ingin makan dengan porsi yang banyak, kamu bisa membaginya dalam porsi yang lebih sedikit. Jadi waktu makan itu tidak tiga kali sehari, namun bisa lebih.

6. Kompress Dengan Air Panas

Kompress Dengan Air Hangat
Kompress Dengan Air Hangat (pinterest.co.uk)

Cara mengatasi perut kembung yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan, karena bisa dilakukan hanya di rumah saja.

Yaitu dengan cara merendam sebuah kain bersih ke dalam air hangat. Lalu peras kain tersebut hingga airnya hilang. Dan terakhir taruh kain hangat tadi ke atas perut, kira-kira selama 10 sampai 15 menit.

Baca Juga: Sebaiknya Menghindari Makanan Ini Ketika Perut Sedang Kosong

Suhu yang hangat sangat bagus untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen akan mengalir dengan lancar. Selain itu, otot-otot perut juga akan rileks yang berimbas pada penyembuhan perut kembung atau begah.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

7. Pijatan Lembut Agar Mengatasi Perut Kembung

Mengatasi Perut Kembung Beri Pijatan Lembut
Beri Pijatan Lembut (cityosteopathy.com)

Masih banyak orang yang tidak mengetahui cara mengatasi perut kembung yang satu ini ternyata manjur untuk dipraktekkan. Dengan melakukannya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh ketika sedang mengolah makanan.

Berikan pijatan lembut yang beraturan. Jika perut terasa tidak enak selama diberi pijatan, hentikan pijatan dan lakukan cara lainnya.

8. Jangan Merokok

Quitting Smoking Male Hand Crushing Cigarette
Jangan merokok (masseyeandear.org)

Kebiasaan merokok sangat tidak bagi kesehatan tubuh kita. Bukannya dapat mengatasi perut kembung, dengan merokok hanya akan memperparah keadaan. Saat kamu menelan asap rokok, pada saat itu juga udara akan ikut masuk sehingga akan memicu gas.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Lain Yang Membuat Perut Berbunyi

Semakin banyak asap rokok yang ditelan, maka semakin besar juga kemungkinan udara yang ikut masuk. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan luka pada sistem pencernaan.

9. Atur Asupan Makanan Tiap Harinya

Atur Asupan Makanan
Atur Asupan Makanan (pritikin.com)

Ternyata makanan yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab perut menjadi kembung, penuh, atau begah. Makanan seperti biji-bijian, susu, makanan berlemak, makanan berserat, atau kacang-kacangan menjadi sumber gas di perut.

ARTIKEL TERKAIT •
Ampuh, 8 Cara Mengatasi Anemia yang Biasanya Diberikan

Cara mengatasinya ialah dengan mengatur asupan makanan-makanan tersebut tiap harinya. Jangan sampai berlebih yang mana akan membuat masalah perut kembung menjadi bertambah buruk.

10. Ketahui Masalah Kesehatan Diri Sendiri

Mengatasi Perut Kembung Mengetahui Masalah Kesehatan Diri
Mengetahui Masalah Kesehatan Diri (firstcry.com)

Pada beberapa kondisi, masalah perut kembung bisa terjadi karena kondisi medis tertentu. Misalnya seperti gejala ini terasa terus menerus dalam waktu yang lama, dan tidak kunjung sembuh.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Untuk Mencerna Makanan?

Karena itulah mengapa kamu harus mengenali atau mengetahui masalah kesehatan diri sendiri. Kalau keadaannya semakin diluar kendali, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapat penanganann lebih lanjut.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.