3 Efek Super Berbahaya Bagi Tubuh Jika Kita Jarang Banget Olahraga

in
Efek Berbahaya Jarang Olahraga

Berikut adalah 3 efek super berbahaya bagi tubuh jika kita jarang banget olahraga.

Bukan rahasia umum lagi kalau kita jarang berolahraga (apalagi pake kata “banget”), akan memberikan efek yang sangat merugikan bagi kesehatan kita. Bahkan berbahaya.

Namun dari seluruh efek-efek berbahaya tersebut, berikut adalah 3 efek yang bahayanya sangat super bagi tubuh kita. NGERTI BANGET!

1. Resiko Kanker Kian Meninggi

Efek Berbahaya Jarang Olahraga
Mengurangi resiko kanker | Womantalk

Berdasarkan sebuah studi dari Jurnal Circulation tahun 2010. Para peneliti telah menemukan penemuan yang mengejutkan bagi kita-kita yang sayangnya jarang banget olahraga.

Jadi berdasarkan penemuannya terungkap kalau 10% dari mereka-mereka yang jarang olahraga, akan berpotensi mengidap kanker payudara dan kanker usus besar. Tentunya kita-kita gak mau bukan kalau sampai mengidap penyakit ini?

2. Bisa Mengubah Susunan Metabolisme Tubuh

Efek Berbahaya Jarang Olahraga
Metabolisme Tubuh Terganggu |Peaceful Dumpling

Kita sering mendengar kata metabolisme dari kecil. Lalu apa sih maksud dari metabolism itu?

Melansir Wikipedia, metabolise adalah proses konversi dari zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi sebuah energi. Nah agar proses konversi-nya bisa berjalan, tentunya kita harus banyak bergerak.

ARTIKEL TERKAIT •
Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal

Lebih cepat lagi proses-nya jika kita berolahraga. Berdasarkan pernyataan tersebut, jadi gak heran jika susunan metabolisme akan kacau terlebih, gak jalan kalau kita jarang olahraga.

Nah kalau proses metabolisme sudah kacau banget. Sudah pasti hal ini akan memberikan efek super berbahaya bagi tubuh kita. Beberapa efek berbahaya antaranya adalah: obesitas, jantung dan diabetes.

3. Kematian

Kematian
Kematian | Tribunnews

Dan inilah efek super duper berbahaya bagi tubuh kita jika jarang olahraga. Berdasarkan penelitian American Journal of Epidemiology tahun 2010. Orang yang jarang olahraga, memiliki peluang kematian dini yang lebih besar.

Spesifiknya mereka-mereka yang lebih banyak duduk, menonton televisi, atau mengendarai mobil. Ya bagaimana tidak sampai meninggal? Dengan kita kurang gerak, secara gak langsug kita menimbun lemak.

Dan kalau lemak yang tertimbun sudah banyak, sudah pasti lemak-lemak tersebut akan berubah menjadi bibit penyakit seperti jantung, kanker, atau penyakit-penyakit yang lebih berbahaya lagi.

Jadi sebisa mungkin, plis deh setidaknya satu harinya kita meluangkan waktu 15-30 menit untuk olahraga oke? Itulah tadi penbahasan 3 efek super berbahaya bagi tubuh kita jika jarang olahraga. Semoga pembahasannya bermanfaat ya!

ARTIKEL TERKAIT •
Fakta Sebenarnya Styrofoam yang Membuat Orang Salah Kaprah Selama Ini

Berikan Nilai Untuk Konten ini