Covid-19 Menjadi Pandemi, Apa Bedanya Dengan Wabah Dan Endemi?

in
Pandemi Corona
Pandemi Corona | Credit Image: harianhaluan.com

WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah secara resmi menetapkan virus Corona COVID-19 sebagai Pandemi. Hal tersebut dinyatakan oleh Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia pada Rabu (11/03/2020) malam.

Nah, jika COVID-19 dinyatakan sebagai Pandemi, lalu apa bedanya dengan wabah dan endemi? Berikut ulasannya!

1. Wabah

Wabah Pes
Wabah Pes | Boombastis

Wabah adalah istilah umum untuk menyebutkan suatu kejadian tersebarnya sebuah penyakit pada daerah yang luas yang dihuni oleh banyak orang. Atau, bisa juga untuk menyebutkan penyakit yang menyebar tersebut.

Menurut Heathline, wabah adalah infeksi bakteri yang berpotensi mematikan yang terjadi di masyarakat. Contoh wabah yang cukup populer ialah malaria dan campak yang ada di Indonesia, atau wabah pes yang pernah terjadi di Eropa pada zaman pertengahan.

2. Epidemi

Endemi Kusta
Endemi Kusta | Halodoc

Seperti yang kami kutip dari tirto.id, dilansir berdasarkan The New York Times, endemi merupakan jumlah penyakit tertentu yang biasanya terdapat pada suatu wilayah. Sederhananya, dalam suatu wilayah geografis tertentu, terdapat penyakit yang biasanya hanya menghinggapi populasi di tempat tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Soda

Seperti contoh endemi malaria yang terjadi di hanya beberapa daerah di Indonesia seperti Papua dan NTT. Atau kusta yang juga merupakan salah satu penyakit endemik. Kusta mirip dengan panu namun terdapat bercak merah di sekitarnya, penyakit ini biasanya menyebabkan kesemutan hingga mati rasa pada saraf tepi.

3. Pandemi

Pandemi Covid 19
Pandemi Covid 19 | Dunia – RMOL

Pandemi merupakan tingkat lanjutan dari endemi, sebuah pengertian klasik mengenai hal tersebut ialah, ketika sebuah endemi menyebar ke beberapa wilayah di luar wilayah tempat endemi tersebut, maka sudah bisa dianggap pandemi.

Sementara itu, menurut WHO, sebuah penyakit bisa dikatakan pandemi jika memenuhi tiga syarat, yaitu:

  • Indikator penyakit menginfeksi manusia yang kemudian menyebabkan sakit serius.
  • Indikator penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.
  • Adanya hal baru dari sebuah penyakit bersangkutan yang timbul pada populasi yang bersangkutan.

Sederhanya, pandemi menurut WHO berarti sebuah penyakit baru yang mempengaruhi orang di seluruh dunia. Seperti contoh covid-19, ketika penyakit ini berhasil keluar dan menyebar dari Wuhan ke seluruh dunia, maka covid-19 sudah dianggap sebuah pandemi.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Traveling

Berikan Nilai Untuk Konten ini