5 Manfaat Luar Biasa Saffron Bagi Kesehatan, Wajar Harganya Mahal

in
Manfaat Saffron Bagi Kesehatan
Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bahan alami ini. Salah satunya ialah Saffron. Pernahkan kamu mendengarnya? Lantas, apa saja manfaat dari saffron ini?

Saffron adalah rempah-rempah yang harganya mahal dijual di pasaran. Walaupun begitu, tak sedikit orang yang tetap membelinya karena mereka sangat membutuhkannya dan mengetahui manfaat luar biasa dari rempah-rempah ini.

Manfaat Luar Biasa Saffron Bagi kesehatan

Ternyata saffron memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari saffron ini? Yuk, simak uraian di bawah ini.

Baca Juga: 1001 Manfaat Minyak Zaitun, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

1. Kaya Akan Antioksidan

Kaya Akan Antioksidan
Kaya akan antioksidan | by nutritionaloutlook.com

Perlu diketahui, setiap satu gram saffron mengandung antioksidan sebanya 116 mg. Selain itu, banyak kandungan bermanfaat lainnya yang ada pada saffron, seperti phenolic, flavonoid, antosianin, dan crocin.

Manfaat tubuh yang memiliki asupan antioksidan yang cukup dapat meminimalisir rasa nyeri dengan cara menahan enzim inflamasi.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

Senyawa antioksidan yang sangat khas dengan saffron adalah crocin. Senyawa antioksidan crocin memiliki manfaat untuk menurunkan oksidasi lipid pada tubuh. Maka akan membuat sel-sel tubuh jadi sehat dan terproteksi dari penuaan atau kerusakan.

2. Memelihara Kesehatan Retina Mata

Manfaat Saffron Untuk Menjaga Retina Mata
Untuk menjaga kesehatan retina mata | by allaboutvision.com

Manfaat dari saffron selanjutnya adalah memelihara kesehatan retina mata. Yakni dengan cara meningkatkan peredaran darah pada retina serta koroid.

Hal tersebut akan mendukung meningkatkan operasi penyembuhan fungsi retina. Dan juga menahan meningkatnya asam glutamat yang menjadi penyebab penuaan sel retina.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Makan Udang Untuk Bayi

3. Berpeluang Membantu Melawan Penyakit Kanker

Mencegah Penyakit Kanker
Mencegah penyakit kanker | by synthego.com

Seperti penjelasan poin nomor satu tadi, saffron sangat kaya akan kandungan antioksidan. Sehingga mampu membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang coba menyerang. Karena kita tahu, kerusakan radikal bebas bisa membuat tubuh terserang penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya ialah kanker.

Berdasarkan penelitian terhadap tabung reaksi menghasilkan hasil yang bagus untuk melawan penyakit kanker. Penelitian tersebut menyatakan bahwa senyawa antioksidan crocin dapat membuat sel kanker sensitif akan pengobatan kemoterapi.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Cepat Tua

Maka dari itu, manfaat saffron dapat berpeluang melawan penyakit kanker meskipun harus melakukan beberapa penelitian lebih lanjut terhadap manusia. Akan tetapi, kalau ingin mencoba, silahkan saja.

4. Manfaat Saffron Mencegah Kerusakan Saraf dan Alzheimer

Manfaat Saffron Untuk Mengatasi Alzheimer
Untuk mengatasi Alzheimer | by express.co.uk

Senyawa picrocrocin dan crocin bermanfaat untuk menahan proses apoptosis atau kematian sel saraf terprogram. Kandungan kedua senyawa tersebut bersifat melindungi pada saraf, serta dapat menyusutkan efek toksik gula terhadap seseorang yang menderita diabetes neuropati.

Seperti yang kita tahu, alzheimer diawali karena terbentuknya fibril beta amyloid pada otak manusia yang membuat rusaknya daya ingat dan fungsi kognitif.

Nah, saffron memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit alzheimer. Yaitu dengan cara meminimalisir terbentuknya senyawa beta amyloid otak.

5. Manfaat Saffron Mampu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan | by medicalnewstoday.com

Berdasar penelitian, jika kita mengonsumsi serbuk bunga ini maka akan membuat keinginan untuk ngemil makanan akan berkurang. Pokoknya hasrat untuk memakan makanan akan tercegah.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Minum Air Hangat Saat Pagi Hari

ARTIKEL TERKAIT •
Resiko Berbahaya Jika Mengisi Ulang Botol Plastik Sekali Pakai Untuk Botol Air Minum

Kebanyakan orang yang suka mengemil, rata-rata berat badannya itu selalu berlebih, tidak ideal dengan tinggi badannya. Karena itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih bahkan sampai bisa terkena obesitas.

Maka dari itu, saffron memiliki manfaat untuk mencegah kebiasaan ngemil kita, lho.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.