1001 Manfaat Minyak Zaitun, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

in
Manfaat Minyak Zaitun Bagi Keehatan
Manfaat Minyak Zaitun Bagi Keehatan

Buah zaitun bisa juga disebut salah satu superfood yang sehat. Terdapat banyak sekali manfaat minyak zaitun. Seperti menjaga tubuh tetap sehat, mengatasi penuaan dini, sampai sebagai perawatan rambut dan kulit.

Melansir dari laman factscecret.co.id, setiap 100 gram buah zaitun, mengandung sejumlah 117 kalori yang mencakup 3 persen protein , 80 persen lemak, dan 17 persen karbohidrat.

Walaupun mempunyai kadar lemak yang tinggi, namun lemak pada buah zaitun tergolong ke dalam lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini justru sangat baik bagi tubuh kita.

Segudang manfaat bisa kita dapatkan, karena minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral, yakni vitamin E, natrium, zat besi, vitamin A, dan kalsium.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Dengan Ramuan Alami

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh

1. Sebagai sumber antioksidan

Sebagai Sumber Antioksidan
Foto: topcareer.id

Manfaat minyak zaitun pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh, dan kamu bisa mendapatkannya pada minyak zaitun ini. Kandungan antiosidan nya terdiri dari oleuropein, tyrosol, quercetin, hydroxytyrosol, dan asam oleanolic. Tiap-tiap kandungan antioksidan tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengecilkan pertumbuhan mikroorganisme.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Antioksidan quercetin dalam buah zaitun bisa bermanfaat untuk menetralisir tekanan darah dan membuat jantung tetap sehat. Sedangkan antioksidan asam oleanolic bisa bermanfaat untuk menangkal kerusakan hati, mengurangi peradangan, dan mengorganisir lemak darah.

Kaya akan antioksidan, mengkonsumsi minyak zaitun tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

2. Sebagai antiinflamasi

Sebagai Sumber Antiinflamasi
Foto: tribunnews.com

Seorang Functional Medicine Doctor, bernama Dr. Frank Lipman, M.D menuliskan dalam situs mindbodygreen.com, bahwa manfaat minyak zaitun bermanfaat mengurangi peradangan.

Baca Juga: Khawatir Kulit Rusak Karena Sinar UV? 3 Cara Ampuh Merawat Kulitmu

Karena bersifat antiinflamasi, minyak zaitun dapat membantu kamu tercegah dari rasa nyeri pada sendi, dan tentu bagi kamu yang sudah berumur dan sering mengalami masalah sendi. Sangan cocok memanfaatkan minyak zaitun.

3. Manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan jantung

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Foto: tribunnews.com

Berdasarkan hasil penelitian dari American College of Cardiology, seseorang yang telah memasuki usia 20 sampai 30 tahun, sangat riskan menderita penyakit jantung. Oleh karena itu, kamu harus pandai menjaga kesehatan jantung sedari kecil dengan mengetahui manfaat dari minyak zaitun.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini 10 Manfaat Luar Biasa Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Mengutip dari Healthline.com, minyak zaitun mengandung asam oleat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut sangat ampuh melindungi LDL dari adanya oksidasi dan mengatur kadar kolestrol.

Seperti kita ketahui, salah satu penyebab seseorang menderita penyakit jantung adalah karena kadar kolestrolnya yang tinggi.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Penuaan Dini
Foto: dream.co.id

Saat seseorang memasuki kepala tiga, maka mereka akan mengalami perubahan dari bentuk fisiknya. Misalnya seperti gampang lelah, sistem kekebalan tubuh menurun, dan sendi jadi kaku. Jika hal tersebut terus kamu abaikan, maka kamu akan menjadi mudah lelah dan mempercepat penuaan.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Jus Jeruk Yang Luar Biasa Untuk Tubuh

Ternyata minyak zaitun bermanfaat untuk mencegah tubuh dari penuaan dini. Karena mengandung antioksidan polifenol yang ampuh untuk mengatasi stres oksidatif. Faktor “U” juga mampu tertasi, karena minyak zaitun mengandung Vitamin A, D, E, dan K.

Nah, itulah manfaat luar biasa dari minyak zaitun yang sangat luar biasa. Jagalah tubuh sebaik mungkin agar tidak rentan terkena penyakit.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Penyakit Kulit yang Tidak Menular

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.