5 Alasan Yang Sangat Masuk Akal Untuk Berhenti Minum Kopi

in
Alasan berhenti Minum Kopi
Stop minum kopi! | Wealthy Gorilla

Berikut adalah 5 alasan yang sangat masuk akal agar kita mulai berhenti minum kopi.

Gak memungkiri banyak dari kita (terutama pria) yang sudah kebiasaan minum kopi. Terlebih pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Pokoknya kalau belum minum kopi, rasanya gak sah saja.  Walau pandangan tersebut sudah umum dan terasa wajar. Namun plis deh guys untuk perlahan-lahan menghentikan kebiasaan tersebut.

Loh kenapa? Nih berikut 5 alasan yang sangat masuk akal untuk kita berhenti minum kopi tersebut.

1. Membuat Kita Makin Stres

Stress La Gi
Stress | Botania

Biasanya kalau kita nonton film atau seri televisi, apabila karakternya merasa stres, ia akan langsung mau minum.

Nah biasanya minuman yang mereka minum rata-rata wine, vodka, atau ya ada sih yang air putih doang. Tapi pernahkah kita liat mereka minum kopi? Exactly. Gak pernah ada.

Karena melansir Webmdmen, kandungan kafein dalam kopi sifatnya justru akan melepas hormon kortisol dari dalam tubuh. Kortisol seperti kita tahu, adalah hormon yang keluar ketika sedang stress.

Nah logikanya kita lagi stress terus minum kopi, ya stress-nya menjadi dobel bahkan mungkin tripel. Andaikata pun kamu sedang gak stres, minum kopi apalagi lebih dari 2-3 gelas, ya rasa stres langsung terasa banget.

2. Sulit Tidur

Woman Wide Awake Looking At Alarm Clock1
Bakalan gak bisa tidur | The Sleep Doctor

Rasanya alasan masuk akal ini bukan rahasia lagi bukan? Namun yang mungkin kamu belum tahu, kenapa bisa membuat kita susah tidur ya?

Karena kafein adalah senyawa yang bersifat melawan senyawa Adenosine yang terdapat dalam tubuh kita. Senyawa Adenosine adalah senyawa yang bertugas untuk membuat kita terkantuk-kantuk.

Ya karena sifatnya melawan, alhasil, rasa terkantuk pun menjadi hilang begitu saja. Jadi kalau emang mau cepet bisa tidur, jangan deh coba-coba untuk minum kopi sebelum tidur atau dalam satu harinya.

3. Membuat Sakit Kepala

alasan berhenti minum kopi
Bisa bikin pusing | Daily Mirror

Walau berbeda dengan NARKOBA, faktanya sering atau “rajin” minum kopi memang bisa membuat kita kecanduan (addict). Karena zat kafein memang bersifat demikian.

Atau bahasa kerennya, zat kafein bersifat dependen. Alhasil, ketika satu atau dua hari gak minum kopi, otak dan tubuh yang sudah terprogram untuk “disiram” kopi setiap hari menjadi “risih”. Alhasil membuat badan dan terutama kepala, menjadi sakit dan pegal-pegal.

4. Masalah Pada Kardiovaskular

alasan berhenti minum kopi
Awas jantung! | Medium

Minum 1 atau 2 kopi satu harinya, itu sudah cukup banyak. Lebih dari segitu tentunya tidak bagus. Nih bayangkan deh. Ketika kita minum satu gelas kopi saja, pasti jantung akan terasa berdebar-debar.

Itu baru satu cangkir efeknya. Bagaimana kalau 2 atau 3? Yap jawabannya lebih berdebar lagi. Jadi kalau memang sayang jantung paling tidak, satu hari satu kali saja minum kopi nya oke?

5. Diabtes Tingkat 2

alasan berhenti minum kopi
Diabetes | Yale News

Alasan yang sangat masuk akal untuk berhenti minum kopi ini, lebih cocok ke mereka yang minum kopi selalu pakai gula terlebih gula halus (refined sugar).

Memang rasanya akan jauh lebih enak, lebih manis. Tapi sadarkah kalian kalau kebiasaan ini sangat fatal bagi kesehatan? Selain bisa menumbuhkan penyakit diabetes tingkat 2, juga hal ini akan bisa menumbuhkan potensi kanker.

Jadi kalau memang mau minum kopi, sebaiknya ya minum yang sudah jelas-jelas begitu saja ya guys! Itulah tadi 5 alasan yang sangat masuk akal untuk berhenti minum kopi. Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!

Berikan Nilai Untuk Konten ini