Mengapa Udara Dingin Membuat Kita Ingin Buang Air Kecil?

in ,
C5 463c2b577a92e1afd71a0bbfdeb9a83d 600x400
Credit Picture: IDN Times

Meskipun kita sudah mencoba untuk menghangatkan diri dan sedikit minum, namun saat kita merasa kedinginan, seringkali kita merasa ingin buang air kecil dan harus bolak-balik toilet.

Lalu, mengapa udara dingin membuat kita ingin buang air kecil terus ya? Berikut ulasannya!

Cold Diuresis

Terlepas dari usia, pola makan, tipe tubuh, jenis kelamin, beser atau sering buang air kecil ketika suhu udara rendah bisa terjadi kepada siapapun. Fenomena ini disebut sebagai cold diuresis.

Tekanan darah tinggi

Saat kita kedinginan, tekanan darah kita akan meningkat. Oleh karena hal ini, tubuh akan mengirimkan sinyal kepada ginjal agar membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Kemudian ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh sehingga volume air seni meningkat.

Tidak Berkeringat

Ketika kedinginan, sistem perspirasi tubuh akan berhenti. Perspirasi merupakan proses keluarnya air dari kelenjar keringat. Tubuh kita tak akan berkeringat seperti saat kita kepanasan. Hal ini membuat tak ada cara lain bagi air untuk dibuang dari tubuhkecuali melalui urin.

ARTIKEL TERKAIT •
9 Hal yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

Kadar air tidak seimbang

Fungsi protein tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai aquaporin akan terganggu, ketika suhu tubuh menurun. Keluar dan masuknya air ke dalam sel tubuh diatur oleh aquaporin. Ketika kita kedinginan, aquaporin menahan masuknya air ke dalam sel, kemudian tubuh membaca bahwa terlalu banyak air dalam aliran darah. Hal ini membuat kadar air pada sel tubuh dan aliran darah tidak seimbang, sehingga ginjal jadi lebih banyak membuang cairan lewat air seni.

Tips agar terhindar kebelet pipis saat kedinginan

Menggerakan otot-otot tubuh seperti kaki dan tangan akan menghasilkan panas yang lebih besar dibandingkan saat kita mengigil kedinginan. Tubuh akan mendapatkan peluang lebih besar agar bisa berfungsi seperti biasa karena suhu lebih hangat.

Selain itu, kita juga bisa memakan makanan yang pedas berkalori tinggi. Hal ini bisa membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Dengan begitu, kita tak perlu bolak-balik ke toilet saat kedinginan.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tipe Pelupa Yang Harus Kamu Ketahui

Berikan Nilai Untuk Konten ini