Mitos Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kolesterol Agar Tidak Salah Paham

in
Mitos Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kolesterol Agar Tidak Salah Paham
Mitos Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kolesterol Agar Tidak Salah Paham

Kamu salah jika pemeriksaan kolesterol hanya untuk orang tua. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The American Heart Association (AHA) pemeriksaan kadar kolesterol malah perlu dilakukan di rentang usia 9-11 tahun, 17-21 tahun, serta orang-orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Banyak mitos tentang kolesterol yang membuat banyak orang salah paham, kamu harus simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Mitos mengkonsumsi obat kolesterol membuatmu tidak perlu menerapkan diet dan gaya hidup sehat

Walaupun mengkonsumsi obat kolesterol bukan jaminan akan menjaga kada kolesterol sesuai standarnya. Kalau mau tetap kadar kolesterol tetap terjaga, tidak ada acara lain selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung dan melakukan aktivitas fisik rutin.

Pastikan setidaknya kamu melakukan latihan kardio 150 menit per minggu dan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 75 menit per minggu dan kombinasi keduanya.

Mitos beralih dari mentega ke margarin akan membantu menurunkan kolesterol

Faktanya belum tentu, mentega mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dan juga mengandung lemak trans. Namun, beberapa jenis margarin, bahkan kandungannya juga lebih tinggi.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Traveling

Mitos anak-anak tidak perlu khawatir tentang kolesterol

Faktanya anak-anak dapat memiliki kadar kolesterol tinggi seperti hal nya orang dewasa. Ini terutama berlaku untuk anak-anak yang mewarisi kadar kolesterol tinggi dari satu atau kedua orang tua, suatu kondisi yang disebut familial hiperkolesterolemia (FH). Anak-anak dengan kondisi ini lebih berisiko tinggi terkena serangan jantung dini dan stroke.

Mitos Hanya orang yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki kolesterol tinggi

Faktanya orang dengan semua tipe tubuh dapat berpotensi memiliki kolesterol tinggi. Kelebihan berat badan atau obesitas meningkat memang membuat seorang memiliki peluang kolesterol tinggi, tetapi bertubuh kurus tidak melindungi kamu dari potensi kolesterol.

Terlepas dari berat badan, pola makan, dan tingkat aktivitas fisik yang kamu jalani, ada baiknya selalu memeriksa kadar kolesterol.

Berikan Nilai Untuk Konten ini