SainsPedia

Asal Usul Pemberian Nama Planet di Tata Surya

Apakah kamu pernah berpikir tentang siapa yang memberikan nama-nama untuk planet di Tata Surya. Pertanyaan ini sendiri telah ada sejak zaman dahulu sampai sekarang. Bahkan sebagian besar orang masih belum mengetahui jawabannya.

Namun untuk kamu yang penasaran dengan hal tersebut, untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus kembali ke masa Yunani dan Romawi Kuno. Yang mana awal mula ilmu akan antariksa tersebut berasal dengan mengandalkan mata atau alat yang sederhana.

Mari kita bahas tentang pemberian nama planet di tata surya di bawah ini.

Asal Usul Pemberian Nama Planet di Tata Surya

Asal Usul Pemberian Nama Planet Di Tata Surya
Planet Tata Surya

Melansir dari LiveScience, pemberian nama planet pertama dilakukan oleh astronom Yunani yakni Aristarchus pada tahun 310 SM yang mengidentifikasi lima planet yang tampak dengan mata telanjang.

Karena berada di masa Yunani, ia pun memberi nama planet-planet tersebut dengan nama-nama dewa Yunani yakni Hermes, Aphrodite, Ares, Zeus, dan Cronus. Lalu kemudian kita akan masuk ke masa Romawi Kuno.

Dimana astronom Romawi Kuno mempelajari lima planet tersebut lebih lanjut dan mengubah nama planet menjadi Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Pertama ada Merkurius, nama ini diambil berdasarkan nama dewa perdagangan yakni Mercury.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Antara Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, Dan Meteorit?

Nama planet Venus diambil dari nama Dewi Romawi yang melambangkan kecantikan. Hal ini tentu saja dari tampilan Venus yang memukau di pagi dan sore hari. Kemudian ada planet Saturnus karena memiliki warna yang indah bak gandum yang siap disantap.

Planet Mars sendiri berasal dari nama dewa perang, lantaran planet ini tampak merah dari jauh dan warna tersebut identik dengan peperangan. Planet Jupiter sendiri adalah nama para dewa dalam mitologi Romawi yang merupakan dewa terbesar.

Lalu pada tahun 1781 seorang astronom Jerman, William Herschel menemukan bahwa ada planet lainnya yakni Uranus. Nama ini pun diambil dari nama dewa langit. Pada tahun 1846 sendiri, Neptunus ditemukan oleh ahli matematika John Couch Adam dan Urbain Jean Josph Le Verrier.

Nama itu berasal dari nama dewa laut yang menunjukkan planet tersebut berwarna kehijauan dan tampak sangat cantik. Namun sayangnya, untuk planet bumi yang kita tinggali ini sampai sekarang masih misteri.

Hingga saat ini belum ditemukan jawaban dari pemberian nama planet bumi. Menurut mu pemberian nama planet Bumi berasal dari mana? Berikan tanggapan mu ya.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Peristiwa Antariksa di Tahun 2019

source: Bobo

Related Posts