6 Tradisi Merayakan Tahun Baru di Berbagai Daerah di Indonesia

Untuk menyambut tahun baru yang lebih baik, ada berbagai tradisi unik di setiap daerah di Indonesia dalam merayakan pergantian tahun ini.

3
0

Perayaan Tahun Baru di Indonesia memiliki tradisi yang unik.

Mendekati akhir tahun, kita akan segera menyambut tahun baru. Untuk merayakan perjalanan hidup yang telah kita lalui selama ini, tidak ada salahnya menambah semangat dengan sedikit hiburan.

Untuk menyambut tahun baru yang lebih baik, terdapat berbagai tradisi unik di setiap daerah di Indonesia dalam merayakan pergantian tahun ini.

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Menyambut Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru 2023 Di Bundaran Hi Dery Ridwansah 4 1

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut beberapa tradisi unik dalam merayakan tahun baru di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Memastikan Perayaan Malam Tahun Baru 2024 Bebas dari Politik

1. Badendang Rotan, Tarian Tradisional dari Maluku.

Kegiatan ini sudah menjadi bagian dari warisan turun-temurun di Maluku Tengah dan digunakan sebagai hiburan dalam merayakan tahun baru. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat persatuan antara penduduk setempat.

Acara ini biasanya dilaksanakan pada sore hari tanggal 1 Januari. Merupakan perayaan serupa tarik tambang, namun menggunakan anyaman rotan sebagai alat permainannya.

2. Melepaskan Lampion di Jawa Tengah

Setiap tahunnya, masyarakat di daerah Magelang, Jawa Tengah, melaksanakan tradisi tahun baru di Candi Borobudur. Mereka menerbangkan ribuan lampion bersama-sama, sebagai tanda harapan agar tahun yang akan datang menjadi lebih baik.

Selain itu, banyak sekali pertunjukan lain yang mewakili kekayaan budaya Indonesia. Pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup.

3. Pertunjukan Kembang Api di Seluruh Wilayah

Perayaan tahun baru selalu identik dengan kembang api. Keelokan percikan api yang memperindah langit sangat menakjubkan untuk dinikmati bersama keluarga.

Tempat-tempat yang sering mengadakan acara ini biasanya berlokasi di sekitar pantai. Manfaatkan momen indah bersama orang-orang tercinta sambil merumuskan tujuan baru di tahun yang akan datang.

Baca Juga: 3 Situs Budaya di Banda Neira yang Akan Menjadi Kawasan Cagar Budaya

4. Festival Kuliner di Bali

Di Bali, ada festival di Denpasar yang bisa kamu kunjungi untuk merayakan tahun baru. Festival ini menampilkan pameran budaya, pertunjukan seni tradisional, serta makanan khas daerah.

Bali memiliki beragam makanan khas yang lezat. Contohnya adalah Lak-Lak Bali, nasi campur Bali, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

5. Pesona Kemilau Destinasi di Toraja

Di Toraja, Anda dapat merayakan tahun baru dengan menghadiri perayaan besar yang diadakan oleh penduduk setempat. Perayaan ini mencakup Getaran Sukma Suci, festival kopi, festival makanan, dan berbagai acara lainnya.

Pada malam pergantian tahun, akan diadakan acara Pawai Kesenian Rakyat, Ma Barattung, serta pertunjukan kembang api. Tujuan dari momen ini adalah untuk memperkenalkan kepada para wisatawan tentang keindahan budaya, seni, dan kuliner yang dimiliki oleh Toraja.

Baca Juga: Makanan Khas Indonesia yang Terinspirasi dari Budaya Belanda

6. Kesenian Tradisional di Surakarta

Di kota Surakarta, perayaan malam pergantian tahun dimeriahkan oleh berbagai jenis seni tradisional. Di antaranya terdapat pertunjukan gamelan, tarian, keroncong, dan wayang kulit.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk belajar dan menikmati seni tradisional khas Indonesia. Oleh karena itu, sangat recommend untuk mengunjungi daerah ini pada malam pergantian tahun.

Ada banyak tradisi perayaan tahun baru yang dapat kamu nikmati. Selain itu, penting untuk membuat resolusi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapainya.

Tinggalkan Balasan