Kok Bisa Mulut Kita Bau? Apa Saja Penyebabnya?

in , , ,
Bad breath smell | Catchnews.com
Bad breath smell | Catchnews.com

Umumnya bau mulut dipicu oleh faktor jenis makanan yang kita makan dan atau kurangnya kepedulian kita atas kebersihan mulut. Misalnya saja jarang membersihkan mulut dengan sikat gigi.

Bau mulut memang merupakan hal yang sering kali dapat membuat kita tak nyaman, resah, dan bahkan malu. Bagaimana tidak, ketika kita berkomunikasi, saat kita berbicara, lawan bicara kita bisa saja terganggu oleh bau mulut kita.

Namun sayangnya kita sendiri seringkali tak merasa bahwa mulut kita memiliki aroma yang tidak sedap. Lalu sebenarnya apa saja yang mungkin menjadi penyebab aroma tidak sedap dari mulut kita sendiri? Simak pembahasannya dibawah ini:

Bau Mulut yang Disebabkan Gangguan Kesehatan

Bau mulut memang bukanlah hal yang berbahaya, namun hal ini tidak bisa kita anggap sepele. Sebab beberapa penyebab bau mulut di antaranya menunjukkan adanya gangguan.

Xerostomia

Xerostomia adalah kurangnya jumlah air liur di dalam mulut. Mulut kita yang kering inilah yang menjadi salah satu penyebab utama bau mulut.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Sederhana Agar Akhir Pekan Kamu Lebih Produktif

Sebab Air liur di dalam mulut memiliki peran sebagai pembunuh bakteri berlebih alami, jika jumlah air liur kurang, maka perkembangan bakteri di mulut jadi tidak terkendali. Oleh sebab itulah timbul bau mulut yang mengganggu.

Xerostomiaa atau mulut kering umumnya lebih sering dialami oleh penderita pilek, mulut menjadi kering sebab aktivitas bernapas menjadi melalui mulut. Selain itu, Xerostomia juga kerap terjadi kala kita dehidrasi.

Asam Lambung Naik

Penyebab lain yang lebih serius sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut tidak sedap adalah gangguan saluran pencernaan, yakni naiknya asam lambung.

Ketika asam lambung naik, lingkaran otot bawah Esofagus akan melemah.

Asam lambung keluar dari lambung dan naik menuju Esofagus, bahkan ke mulut. Lalu, asam lambung yang naik hingga tertinggal di mulut inilah yang bisa menyebabkan bau mulut.

Mengurangi juga menghindari makanan yang berlemak juga pedas adalah cara utama menghindari asam lambung. Dengan begitu, kita bisa menghindari munculnya bau mulut tak sedap karena asam lambung tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Kita Rutin Jalan Kaki Minimal 15 Menit Setiap Hari

Sinusitis

Sinusitis merupakan keadaan dimana sejumlah lendir kental berbau diproduksi tubuh dan mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Sinusitis (peradangan pada dinding sinus) kerap kali menjangkiti orang dari berbagai usia.

Penyebab utamanya biasanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi virus flu, penyebabnya bisa juga adalah bakteri jamur dan atau nfeksi gigi.

Bau Mulut Sebab Kebiasaan Tidak Sehat

Setiap selesai makan, tak banyak dari kita yang membersihkan mulut, baik itu sekadar kumur-kumur hingga menyikat gigi.

Makanan Sisa Yang Tertinggal di Mulut

Sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi ketika makan dapat menyebabkan bau mulut. Olahan dari bawang adalah contoh dari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

Kebiasaan Merokok (Tembakau)

Sebagian masyarakat sering kali merokok setelah selesai makan, hal ini tentu memberikan efek juga terhadap aroma mulut.

Diketahui tembakau memang memiliki aroma yang khas. Nah disisi lain tembakau dapat meningkatkan kecenderungan timbulnya penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kanker Bisa Tumbuh Kembali Setelah Sembuh, Mengapa Demikian?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

KarTa

Nothing absolute