5 Efek Buruk Apabila Kelamaan Di Dalam Rumah

Berikut adalah 5 efek buruk yang  bisa kita dapatkan apabila kelamaan di dalam rumah saja.

Gak memungkiri dengan keadaan pandemi COVID-19 yang masih ada ini, masih banyak dari kita yang mau tak mau harus terus berada di dalam rumah kita.

Walau memang merupakan mandate sekaligus langkah yang tepat, namun gak memungkiri bahwa pada dasarnya, terlalu lama berada di dalam rumah, memiliki efek buruk baik bagi fisik maupun mental kita.

Namun dari semua efek buruk tersebut, berikut adalah 5 yang paling buruk diantaranya.

1. Mood Swing

Efek buruk pertama apabila kita kelamaan “ngerem” di dalam rumah, adalah mood atau emosi yang gak stabil (gampang berubah-rubah).

Bahkan menurut beberapa ahli kesehatan dan juga psikologi, ketika kita terlalu lama di dalam rumah, rasa depresi dan cemas akan meningkat dengan sangat tajam. Belum lagi sekali lagi, mood yang selalu berubah-rubah 180 derajat.

Alhasil, efek ini bisa memberikan ketidaknyamanan baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap sekitar.

2. Kualitas Tidur Menurun Drastis

National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa depresi dan stres, bisa memperngaruhi kualitas tidur kita.

Dan kalau kita terlalu lama di dalam rumah, dijamin rasa tersebut akan terasa banget. Alhasil, mau siap-siap masuk ke alam mimpi saja, terasa susah banget.

3. Berkurangnya Asupan Vitamin D

Internis dari Texas Health Presbyterian Hospital Plano, Ruby Shah, mengatakan bahwa 10-30 menit berjemur di bawah sinar matahari setiap harinya, sudah cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh kita.

Karena pada esensinya, sinar matahari akan memberikan asupan Vitamin D alami ke dalam tubuh kita. Dan asupan Vitamin D alami inilah, yang menjadi penangkal kuat tubuh kita dari COVID-19.

Oleh karenanya, gak heran jika dari kemarin, ahli-ahli kesehatan seluruh dunia (terutama Indonesia), menganjurkan kita semua untuk berjemur paling tidak 30 menit setiap paginya.

4. Obesitas

Gak memungkiri banyak dari kita yang selama di dalam rumah, kerap malas untuk berolahraga atau kurang gerak.

Alhasil ya bobot perut pun kian bertambah. Dan apabila kita diamkan, tentunya akan membuat kita obesitas. Kalau sudah obesitas, alhasil siap-siaplah, seluruh lemak-lemak tersebut berubah menjadi penyakit berbahaya seperti, Jantung Koroner.

5. Kecanduan Gadget

Gak memungkiri bahwa satu-satunya kegitan yang bisa mengisi masa-masa pademi COVID-19 di dalam rumah, adalah membuka dan memain-mainkan gadget.

Sebenarnya, hal ini memang wajar-wajar saja. Namun pada saat yang sama, karena terllau lama, alhasil mmebuat kita yang tadinya gak ada gejala atau “menderita” kecanduan gadget, menjadi demikian.

Dan gak memungkiri, apabila sudah kecanduan gadget, hal ini akan merugikan kondisi kesehatan mental kita.

Nah itulah tadi 5 efek buruk apabila terlalu lama dalam rumah. Lalu bagaimana solusinya agar tidak terkena? Ya gampang saja. Keluar saja ke depan halaman luar, garasi atau luar pagar. Dan kalau bisa sekali lagi, pagi hari.

Dijamin dengan melakukan langkah super simpel tersebut, kiat akan berkurang kebosanan dan stres nya serta, imunitas tubuh kerap terus terjaga degan baik.

Related Posts