4 Efek Negatif Dari Sering Menggunakan Media Sosial

in
Efek Negatif Media Sosial
Ini dia Efek negatifnya! | National Geographic

Bagi kamu-kamu yang gak pernah lepas dari namanya media sosial, faktanya banyak banget loh efek negatif yang ngerinya, bisa kamu dapatkan dan merugikan dirimu sendiri.

Dan berikut setidaknya adalah 4 dari sekian banyak efek negatif-nya yang bisa kita dapatkan tersebut.

4. Menjadi Malas Bertemu Dengan Teman Offline

Adobestock 116174855 E1558531235734 750x500 1
Jadi malas ketemuan di luar | Simplemost

Memang salah satu keuntungan media sosial (terutama dalam masa pandemik seperti sekarang) adalah, kita masih bisa tahu kabar dan juga ngobrol bareng teman secara online.

Tapi apakah ketika nanti pandemik COVID-19 ini berakhir nanti, kita akan mau untuk bertemu dengan teman kita tersebut secara offline? Maybe yes, maybe no bukan?

Karena kenyataannya saja, semenjak kian berkembang seperti sekarang, banyak orang yang sudah mulai malas bersosialisasi dengan ketemuan secara langsung di luar (offline).

Padahal seperti kita ketahui, bertemu teman atau rekan kerja secara offline, masih sangat penting untuk kita lakukan. Karena terkadang pesan yang ingin kita sampaikan secara online, belum tentu seperti yang kita kira atau ekspektasikan ketika kita bertemu langsung dengannya.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kecanduan Yang Sama Berbahayanya Dengan NARKOBA

3. Potensi Kriminal

Efek Negatif Media Sosial
Kriminal Benar-benar bisa banget mengintai kita | CPO Magazine

Bukannya ingin menakut-nakuti. Tapi faktanya hal ini sering kita dengar bukan? Memang katakanlah kita “alim-alim” saja dalam menggunakan media sosialnya.

Tapi terkadang walau sudah bener-bener juga, tetap saja lama-kelamaan akan ada orang luar sana atau bahkan teman media sosial kita sendiri yang malah justru akan berbuat jahat dengan kita.

Semisal, mengunduh foto kita lalu menyebarluaskan tanpa izin kita ke media sosialnya atau media sosial lain. Atau secara diam-diam mencuri nomor rekening atau akun bank / kartu kredit kita.

2. Merasa Tidak Percaya Diri

Efek Negatif Media Sosial
Diserang terus disana-sini | Quick and Dirty Tips

Dengan adanya media sosial, hal ini juga berarti orang-orang sudah memiliki platform untuk mengemukakan pendapatnya terhadap sesuatu.

Terkadang memang bagus. Tapi seringkali juga banyak yang buruk-buruk bahkan menjijikan yang alhasil memberikan efek negatif ke kita.

Dan tentunya, kita sudah sering bukan mendengar kasus seseorang menghilangkan nyawanya sendiri karena ter-consume oleh komen-komen negatif warganet yang alhasil membuatnya gak pede lagi?

1. Kecanduan

Efek Negatif Media Sosial
Kecanduan media sosial | Brandignity

Inilah efek negatif yang paling parah banget yang bisa kita dapatkan.

ARTIKEL TERKAIT •
Luthfi Agizal Kembali Ciptakan Kata "Anjalathi" Kepada para Hatersnya

Seperti yang pernah kami bahas dalam artikel berikut, Media Sosial faktanya bisa menjadi candu yang super berbahaya. Bahkan candunya jauh lebih berbahaya dari rokok dan NARKOBA.

Karena kecanduan media sosial bisa membuat kita lupa dengan semuanya bahkan, tidur. Yang mana, tidur adalah kegiatan sehari-hari yang kita perlukan agar badan kita selalu sehat.

Nah setelah melihat seluruh efek negatif media sosial ini, kami cuma bisa mengingatkan. Silahkan bersosial media ria tapi, ingat lagi dengan seluruh batasan-batasan kenormalan yang ada oke?

Berikan Nilai Untuk Konten ini