Keutamaan Lelaki Sholat Berjamaah di Masjid dan Sholatnya Perempuan di Rumah

in
71077674 1246121952253944 8676392713165209600 N 758x569 (1)

Seperti yang kita ketahui sebagai umat muslim, sholat berjamaah di masjid itu memiliki pahala 27 kali lipat dibandingkan sholat di rumah.

Apakah hanya itu keutamaannya?

Tidak. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan, sholatnya seseorang yang ditunaikan berjamaah di Masjid lebih utama daripada sholat yang pernah ia tunaikan di kantornya (Dalam Hadits disebut Pasar).

Jika kita memilih ingin sholat di masjid dibandingkan sholat di rumah, pahala yang sholat di rumah masih kalah jauh dengan kita yang baru “niat” sholat berjamaah ke masjid.

Jika berwudhu di rumah

Berwudhu
Berwudhu | Grid ID

Keutamaan lainnya adalah berwudhu di rumah atau berwudhu sebelum pergi ke masjid dan menyempurnakan wudhu tersebut. Karena langkah pertama ketika ingin ke masjid diberi pahala dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT hingga langkah-langkah lainnya menghapuskan dosa-dosa kecil kita.

Ketika kita masuk masjid, para Malaikat lalu berkata dan bermohon kepada Allah SWT:

“Ya Allah mohon Rahmati orang ini, Ya Allah mohon ampuni dosa-dosa orang ini, Ya Allah mohon terima taubat orang ini”.

Dan dituliskan semua pahala sholat selama kita masih di dalam Masjid hingga kita keluar.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Tips Memikat Hati Pria, Dijamin Doi Klepek-Klepek

Lalu bagaimana dengan Perempuan ?

Niat Dan Tatacara Shalat Tarawih
Wanita sholat di rumah | kaltim.tribunnews

Sabda Nabi: “Sholat wanita di ruang tamunya lebih afdhol daripada di luar rumahnya, dan sholat ia di dalam kamarnya lebih afdhol daripada di ruang tamunya”.

Jadi kalian para perempuan sebaiknya sholat di rumah saja, terlebih sabda ini disebut nabi di Madinah, yang seperti kita tahu bahwa Masjid Nabawi memiliki ribuan kali lipat keutamaan dibandingkan masjid-masjid lainnya.

Namun, keutamaan sholatnya perempuan di rumah daripada di masjid itu, jika ditakutkan ada indikasi terjadi fitnah atau hal-hal yang merujuk kepada hal yang buruk dan mudharat bagi si perempuan tersebut.

Lalu, apabila situasi dan kondisi memungkinkan untuk ia pergi ke masjid, maka ia tetap mendapat pahala meskipun tidak seperti lelaki. Apalagi jika menghadiri kajian-kajian di masjid, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Nah, yang menarik di sini, bagaimana keutamaan “istri” terhadap sholatnya di rumah dibandingkan di masjid?

Nabi Muhammad SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim: 

“Apa yang dilakukan oleh Suami di luar rumah sepanjang istrinya Ridho dan melakukan segala kebaikan di rumahnya, maka diberikan pahala yg serupa tanpa dikurangi sedikitpun”

Seorang istri yang mempersiapkan kebutuhan sang suami ketika akan sholat berjamaah, parfum, baju kokoh dan sebagainya ketika sang suami pergi ke masjid pahala yang didapat oleh sang istri sama dengan yang didapat oleh suami.

ARTIKEL TERKAIT •
Ladies, Jangan Jadikan Laki-Laki Ini Sebagai Pasangan Kamu

Apalagi setiap langkah lelaki yang ke masjid dihitung pahala seperti yang kita bahas di atas, selama sang istri melakukan hal baik ketika di rumah, maka pahalanya akan sama dengan si suami.

Berikan Nilai Untuk Konten ini