Daftar Hewan Yang Waktu Tidurnya Hanya Sebentar, Bahkan Ada Yang Tahan Tak Tidur Berbulan-Bulan

in
Hewan Dengan Waktu Tidur Sedikit
Hewan Dengan Waktu Tidur Sedikit

Tidur merupakan kebutuhan dasar seluruh makhluk hidup, tak terkecuali hewan. Dengan tidur mereka bisa beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun beberapa diantara hewan tersebut, ternyata ada dari mereka yang waktu tidurnya sebentar. Bahkan ada yang tahan tidak tidur selama berbulan-bulan.

Kita ambil contoh hewan kucing. Kucing membutuhkan waktu tidur selama 15 sampai 20 jam untuk beristirahat. Tapi, waktu tidur kucing tergolong cukup lama. Berikut hewan yang memiliki waktu tidur singkat.

1. Gajah

Ilustrasi Gajah
Ilustrasi Gajah | via https://medanmerdeka.com/

Tubuhnya yang besar ternyata tidak membuatnya membutuhkan waktu tidur yang lama. Gajah hanya membutuhkan waktu rata-rata sekitar 3 sampai 4 jam per harinya. Waktu tidurnya dibagi dalam periode waktu yang berbeda-beda. Waktu sisa selain tidur, dihabiskan gajah untuk mencari makan. Ketika tidur, gajah akan bersandar di pohon atau gundukan tanah.

Gading Gajah Dan Cula Badak Yang Dipotong, Bisakah Tumbuh Kembali?

2. Katak Bullfrog

Ilustrasi Katak Bullfrog
Ilustrasi Katak Bullfrog | via Pixabay

Nah, ini adalah salah satu hewan anti mainstream. Katak Bullfrog bisa dibilang jarang untuk tidur. Bahkan dia dapat bertahan untuk tidak tidur selama berbulan-bulan. Ketika dia menutup matanya, bukan berarti katak ini tidur ya. Tapi dia selalu memperhatikan lingkungan sekitar, selalu siaga akan ancaman yang bisa datang kapan saja.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Spesies Baru Terbaik Tahun 2019

Kondisi di mana katak bullfrog benar-benar tidur adalah ketika hibernasi musim dingin.

3. Burung Alpine Swifts

Ilustrasi Burung Alpine Swifts
Ilustrasi Burung Alpine Swifts | via https://www.myrokan.com/

Kalau burung alpine swifts adalah kapal terbang, kemungkinan mereka memiliki cadangan aftur yang banyak pasti tinggi. Hebatnya, burung ini dapat terbang selama 200 hari dalam kurun waktu enam bulan.

Mengenal Burung Albatross Yang Mampu Terus Terbang, Dengan Sayap Terlebar Di Dunia

Pada saat terbang, mereka tidak pernah untuk menginjakkan kaki mereka di pohon entah untuk apa pun itu. Sampai kini pun peneliti belum menemukan bagaimana metode burung ini untuk beristirahat.

4. Anjing Laut

Ilustrasi Anjing Laut
Ilustrasi Anjing Laut | via https://babab12.blogspot.com/

Banyak yang mengira kalau anjing tidur ini identik dengan aktivitas tidur. Memang anggapan itu sedikit benar, anjing laut sangat mudah untuk tertidur. Mereka bisa tidur sambil berdiri, mengambang di air, dan lainnya.

Walaupun dikenal sebagai tukang tidur, tapi anjing laut bisa tahan untuk tidak tidur, lho. Sebuah penelitian dilakukan yang mengungkap anjing laut mampu terus berenang di laut selama kurang lebih 84 jam.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjinakan Kucing Liar Dengan Mudah

5. Anak Orca atau Paus Pembunuh

Ilustrasi Bayi Paus Orca
Ilustrasi Bayi Paus Orca | via Youtube

Anak orca atau paus pembunuh berbeda dengan bayi hewan lainnya. Ia mampu tahan untuk tidak tidur, bahkan di saat hari pertama ia dilahirkan. Tujuannya untuk bertahan hidup dari pemangsa.

Dan anak orca harus terus bergerak untuk menghangatkan tubuh. Karena dirinya belum memiliki cukup lapisan lemak.

6. Lumba-Lumba

Ilustrasi Lumba Lumba
Ilustrasi Lumba Lumba | via https://www.wajibbaca.com/

Hewan imut satu ini memiliki keunikan tersendiri. Ia mampu membuat dirinya berada dalam kondisi ‘setengah tidur’. Maksudnya ialah lumba-lumba bisa menonaktifkan fungsi mata dan otaknya, namun sisi lainnya tetap terjaga.

Sistem tidur lumba-lumba dikenal dengan istilah unihemisphiric. Dengan kelebihan ini, lumba-lumba akan mampu naik ke atas permukaan laut untuk bernapas dan tetap selalu terjaga.

7. Jerapah

Ilustrasi Jerapah
Ilustrasi Jerapah | via http://aisharyaumi.blogspot.com/

Nah, untuk urusan ini Jerapah sangat dikenal sebagai hewan yang paling tahan untuk tidak tidur. Perlu diketahui, saat jerapah tidur ia membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk kembali beridiri. Oleh karena itu, ia sangat mudah menjadi incaran pemangsa.

5 Hewan Ini Punya Bentuk Tubuh Yang Unik

ARTIKEL TERKAIT •
Sering Mimpi Buruk Ketika Demam, Ternyata ini Penyebabnya!

Dalam sehari- jerapah menghabiskan waktu tidur hanya selama 30 menit yang dibagi ke dalam beberapa periode waktu. Karena fakta tersebut, peneliti di tahun 1950-an menganggap jerapah tidak pernah tidur.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.