5 Manfaat Menanam Lidah Mertua di Rumah, Sebagai Penangkal Racun

in
Manfaat Menanam Lidah Mertua Di Rumah
Manfaat Menanam Lidah Mertua Di Rumah

Memelihara tanaman menjadi salah satu hobi yang paling digemari saat ini. Karena kebijakan pemerintah yang menganjurkan untuk tetap di rumah jika tidak ada urusan yang penting, terkadang membuat seseorang merasa bosan. Dengan memelihara atau menanam tanaman akan menjadi kegiatan atau hobi yang paling menyenangkan.

Saat ini juga banyak orang yang berjualan tanaman hias di pinggir jalan. Bagi mereka yang menyukai tanaman hias, mereka sampai rela menghabiskan banyak uang untuk membeli tanaman tersebut. Salah satunya adalah tanaman ular, yang dalam bahasa latin disebut Sansevieria trifasciata atau sering juga disebut lidah mertua.

Menanam lidah mertua ternyata memiliki banyak manfaat untuk diri kita. Bentuk dari tanaman ini juga cantik dan indah, perawatannya juga sangat gampang, dan masih banyak kelebihan jika kita meletakkan tanaman lidah mertua di rumah.

Baca Juga: Alasan Tanaman Bakau Tetap Bisa Hidup Di Air Asin

Nah, berikut 5 manfaat menanam lidah mertua di rumah yang dilansir dari tenbenefit.com.

1. Membuat udara menjadi bersih

Membuat Udara Jadi Bersih
Membuat udara jadi bersih | theasianparent.com

Lidah mertua merupakan adalah tanaman hias yang memiliki kemampuan paling baik untuk memurnikan udara di dalam ruangan. Jadi, bagi kamu yang menginginkan udara yang sehat letakkanlah tanaman ini di rumah.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisah Viral Wanita Beli Tanaman Lewat Online, Ternyata Tanaman yang Datang Terpisah-Pisah

Tanaman lidah mertua berkemampuan untuk menyerap karbon monoksida dalam jumlah yang banyak dan juga menyaring racun dari udara seperti benzene, trichloroethylene, xilena, dan formaldehyde.

2. Menghilangkan racun

Menghilangkan Racun
Menghilangkan racun | dream.co.id

Tanaman ini sangat pas untuk ditaruh di dalam kamar, karena mampu menghilangkan racun seperti benzene, trichloroethylene, xilena, dan formaldehyde. Kelebihannya yaitu dapat menyerak karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen saat malam hari.

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini Manfaat Tanaman Di Dalam Ruangan Rumah, Baik Untuk Kesehatan

Letakkanlah tanaman ini di dekat daerah yang terkena cahaya. Dan rutinlah untuk menyiram tanaman ini agar dia tidak mati.

3. Pemasok oksigen

Sebagai Pemasok Oksigen
Sebagai pemasok oksigen | liputan6.com

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di University Harvard menunjukkan tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak memproduksi oksigen. Tanaman ini sangat efektif menyerap racun dan mengeluarkan oksigen ke udara.

Dengan menanam lidah mertua, kelembapan udara akan ternetralisir sehingga risiko alergi akibat udara kotor akan terkurangi.

4. Tanaman antikanker

Tanaman Antikanker
Tanaman antikanker | wittyfeed.tv

Karena kemampuanya yang baik untuk mengatasi polutan udara di dalam ruangan dan agen penyebab kanker seperti benzene, xilena, dan sebagainya membuat menanam lidah mertua menjadi alternatif sebagai obat untuk mengobati atau mencegah penyakit kanker.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi Tanaman Hias Dalam Ruangan, Agar Lebih Indah

5. Sebagai aromaterapi

Sebagai Aromaterapi
Sebagai aromaterapi | 99.co

Manfaat lainnya menanam tanaman lidah mertua adalah dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Pasalnya, setiap sore hari bunga yang ada pada tanaman lidah mertua selalu mekar. Sehingga aroma dari bunga tersebut bisa dijadikan sebagai aromaterapi

Baca Juga: Janda Bolong, Tanaman Hias Yang Harganya Mencapai 100 Juta

Karena itulah, tak sedikit orang yang memanfaatkan tanaman lidah mertua sebagai aromaterapi bagi mereka untuk menghilangkan stress atau membuat konsentrasi semakin kuat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.