Mengapa Daun Berwarna Hijau, Ini Jawababnya?

in
mengapa daun berwarna hijau

Dari kecil kita sudah melihat bahwa daun dan rumput itu berwarna hijau, Tahukah kamu kenapa daun itu warna hijau? Meskipun lebih jarang, ada juga daun-daun dengan warna merah, kuning, bahkan ungu gelap. Selain itu, daun-daun juga juga dapat berubah warna, seperti daun hijau yang menguning.

Sebelum itu kita perlu mengerti terlebih dulu bilamana sebuah benda, termasuk daun dan rumput yang terlihat. Setelah itu, barulah kita akan menguak rahasia warna hijau beserta warna-warna lain pada daun.

Kenapa daun berwarna hijau?

Beringin Fileminimizer
Mengapa Daun Berwarna Hijau, Ini Jawababnya? | sawonbudidaya

Warna hijau yang terdapat pada daun dan rumput berasal dari sejenis pigmen bernama klorofil. Pigmen inilah yang menentukan cahaya diperlakukan ketika cahaya itu sendiri mengenai benda tersebut. Sebagian cahaya akan diserap, sedangkan sisanya akan dipantulkan. Cahaya yang dipantulkan ini diterima oleh mata kita dan ”diterjemahkan” oleh otak kita sebagai warna.

Sebagai contoh

  1. mata menerima hanya cahaya hijau (cahaya dengan panjang gelombang sekitar 530 nanometer): kita melihat warna hijau.
  2. mata menerima cahaya merah dan hijau yang sama banyaknya: kita melihat warna kuning.
  3. mata menerima cahaya merah lebih banyak dari pada cahaya hijau: kita melihat warna kuning kemerahan atau jingga.
ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Lalat di Dalam Rumah

Bagaimana dengan warna daun?

Daun Keji Beling
Mengapa Daun Berwarna Hijau, Ini Jawababnya? | inibaru

Di dalam daun terkandung klorofil (chlorophyll), sang pembuat makanan bagi daun. Untuk membuat makanan, klorofil memerlukan energi dari cahaya. Karena itu, klorofil menyerap cahaya. Nah, cahaya yang diserap oleh klorofil adalah cahaya merah dan biru. Cahaya yang tersisa, yaitu cahaya hijau, dipantulkan, sehingga daun terlihat hijau.

Mengapa daun hijau juga dapat berubah warna?

82b722fd434a7d01eef158c3c0f739a52e8438e3
Mengapa Daun Berwarna Hijau, Ini Jawababnya | dictio

Selain klorofil, beberapa jenis daun memiliki pigmen-pigmen lainnya seperti karoten (carotene) dan antosianin (anthocyanin). Karoten menyerap cahaya biru dan biru-kehijauan, menyisakan warna merah serta kuning. Sedangkan antosianin menyerap sangat banyak cahaya berwarna biru, biru-kehijauan, serta hijau, dan memantulkan cahaya merah.

Bersama dengan klorofil, jumlah pigmen yang terkandung dalam daun menentukan warna yang tampak, gabungan klorofil dan karoten menghasilkan warna hijau muda, sedangkan warna merah dan merah gelap banyak mengandung antosianin. Kandungan ini dapat berubah seiring dengan waktu.


Cahaya matahari (cahaya tampak) jika diuraikan sebenarnya terdiri dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang berbeda, dengan bantuan prisma kita bisa mendeteksinya sebagai cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila dan ungu. Klorofil menyerap cahaya merah dan biru-ungu yang berguna dalam reaksi terang fotosintesis, sedangkan cahaya kuning, hijau dipantulkan. Itulah kenapa daun tampak berwarna hijau. Baca juga Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Film(Buka di tab peramban baru)

ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Lalat di Dalam Rumah

Berikan Nilai Untuk Konten ini