Mengapa Kucing dan Anjing Jadi Hewan Peliharaan Yang Sering Digemari?

in
Mengapa Kucing Dan Anjing Jadi Hewan Peliharaan
Mengapa Kucing Dan Anjing Jadi Hewan Peliharaan

Jika berbicara tentang hewan, yang ada di benak kita pasti ada dua, yaitu kucing dan anjing. Kedua hewan ini sudah sangat identik dengan kehidupan manusia. Karena kucing dan anjing adalah hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia.

Lantas apa yang unik dengan kucing dan anjing? Mengapa mereka yang paling banyak disukai manusia?

Mengapa bisa jadi peliharaan?

Mengapa Bisa Jadi Peliharaan
Mengapa Bisa Jadi Peliharaan | via https://bobo.grid.id/

Domestikasi adalah istilah yang sering muncul dalam sejarah hubungan manusia dengan makhluk yang satu ini. Dimana, domestikasi adalah sebuah perjinakan yang dilakukan terhadap hewan buas atau liar dan sebagainya.

Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

Diduga kucing dan anjing melakukan domestikasi sendiri sejak sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini karena mereka menganggap hidup berdampingan dengan manusia, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.

Pada zaman dahulu, untuk mendapatkan makanan, manusia berburu dan beramu di hutan. Dengan itu, akan mempermudah anjing untuk mendapatkan bagian dari majikannya ketika berburu. Manusia juga memanfaatkan anjing untuk saling bekerjasama menjebak hewan besar lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
9 Hal yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

Dari situlah, manusia dikenal sangat akrab dengan anjing.

Kalau kucing, mereka dapat menjaga perkebunan milik majikannya dari ancaman hama yang mencoba merusak tanaman majikannya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan makanan dan tempat berlindung dari pekerjaan mereka.

Karena itulah, kucing dan anjing sama-sama mendapatkan keuntungan ketika menjadi hewan peliharaan manusia.

Alasan memelihara kucing dan anjing

Hewan Kucing Dan Anjing
Hewan Kucing Dan Anjing | via https://pxhere.com/

Mengingat saat ini sudah jarang manusia yang berburu di hutan untuk memperoleh makanan, mengapa manusia tetap memelihara kucing dan anjing?

5 Hewan Berbulu Ini Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Dipelihara

Alasan yang sering didengar adalah dengan memelihara kedua binatang tersebut akan membantu mengurangi tingkat kecemasan manusia. Akan tetapi, yang naamnya hewan pasti bisa saja membahayakan manusia.

Ketika kucing dan anjing dibiarkan di luar rumah, mereka bisa saja memangsa hewan peliharaan manusia lainnya, seperti ayam, burung, atau pun itik.

Maka dari itu, kucing dan anjing dipelihara di dalam rumah saja ya. Apakah kamu salah satu orang yang memelihara kedua hewan ini?

ARTIKEL TERKAIT •
Ayo berkenalan dengan Beruang Madu, satu-satunya spesies Beruang di Indonesia

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.