Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

in ,
6 Buah Sayur
Credit Image: Merdeka.com

Makanan yang berasal dari tumbuhan, biasanya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu buah dan sayuran. Karena saking banyaknya jenis sayur dan buah, terkadang kita juga bingung mengelompokan yang mana termasuk buah, dan yang mana termasuk sayur.

Karena ada beberapa buah-buahan yang biasa menjadi bahan makanan pembuat hidangan yang identik dengan sayuran. Agar tidak bingung lagi, yuk kita simak ulasan berikut!

1. Labu

Labu
Labu | Medium

Dalam pandangan ilmiah, labu termasuk dalam kelompok buah, bukan kelompok sayuran. Itu karena labu memiliki serat-serat dan biji di dalamnya. Labu tidak hanya enak, buah yang sering dianggap sayur ini juga kaya akan nutrisi.

2. Tomat

Tomat
Tomat | Alodokter

Mungkin hanya tomat lah yang sejak dulu membingungkan banyak orang antara ia merupakan buah atau sayur. Tomat tidak memiliki rasa manis semanis buah pada umumnya, selain itu, tomat juga biasanya dihidangkan dalam bentuk salad dan banyak hidangan sayuran lainnya.

Oleh karena itu, dalam pandangan kuliner, tomat dianggap sebagai sayuran. Namun tidak dalam sudut pandang ilmu biologi, tomat memiliki biji di dalamnya. Oleh sebab itu, tomat dikategorikan dalam kelompok buah, bukan sayuran.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Potret Gak Masuk Akal Saat Ikan Dijadikan Lauk, Auto Kenyang 7 Hari

3. Kacang Polong

Kacang Polong
Kacang Polong | IDN Times

Banyak yang mengira bahwa kacang polong adalah sayuran. Ternyata kacang polong termasuk dalam kategori buah. Meskipun kacang polong masuk dalam golongan sayur buah, yang berarti buahnya yang dimakan sebagai sayur, tetap saja secara mendasar kacang polong merupakan kelompok buah.

4. Terung

Terung
Terung | Tribun

Di seluruh dunia, terdapat 770 jenis terung berbeda yang tumbuh di iklim sedang. Saking banyaknya, terung memiliki variasa warna dan ukuran. Tak sedikit orang yang mempercayai bahwa terung merupakan jenis dari sayuran.

Padahal terung termasuk dalam kelompok buah, itu karena dalam terong terdapat daging putih dengan biji kecil. Selain ungu, kita juga bisa menemukan terung dalam warna hijau, dan juga lavender.

5. Mentimun

Mentimun
Mentimun | Dokter Sehat

Selain dikonsumsi sebahan bahan makanan, mentimun juga sering digunakan untuk perawatan kulit. Sama seperti terung, banyak yang mengira bahwa mentimun adalah sayuran.

Dalam ilmu biologi, mentimun memiliki biji di dalamnya, artinya mentimun termasuk dalam kelompok buah, bukan sayuran.

6. Paprika

Paprika
Paprika | Detik Food

Paprika sebenarnya memiliki kecenderungan sedikit rasa manis dibandingkan pedas. Di dalamnya juga terdapat biji, oleh karena itu dalam ilmu biologi, paprika termasuk dalam kelompok buah, bukan sayuran.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

Rasa manis pada paprika tergantung pada warna buah dari paprika tersebut. Merah merupakan paprika yang memiliki rasa paling manis, kemudian hijau cenderung memiliki rasa yang pahit. Lalu untuk paprika kuning, memiliki sedikit rasa manis dibandingkan paprika hijau.

Berikan Nilai Untuk Konten ini