6 Gerhana yang Akan Terjadi di Tahun 2020

in
Gerhana matahari gerhana matahari total gerhana dan kehidupan training esq esq qx
Credit Picture: ESQ Training

Kita baru saja menyaksikan fenomena alam gerhana matahari cincin yang bisa dilihat hampir sebagian besar wilayah Indonesia. Terutama wilayah yang terletak di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di tahun 2020, penduduk Bumi akan dapat menyaksikan gerhana kembali. Berikut 6 gerhana yang akan terjadi di tahun depan.

1. 11 Januari 2020

Diperkirakan akan ada gerhana bulan penumbara pada 11 Januari 2020. Bulan akan terlihat dari Bumi dengan cahayanya yang redup. Karena memang, gerhana bulan penumbara adalah ketika saat Bulan memasuki bayang-bayang penumbara Bumi.

Apa itu bayang penumbara?

Bayang penmbara ialah bayangan samar-samar. Selain di Indonesia, peristiwa alam ini juga akan bisa dilihat di Eropa, Australia, Asia, Afrika, bagian timur Amerika Selatan, sebagian besar Amerika Utara, Atlantik, Pasifik, Samudra Hindia, dan Kutub Utara.

2. 6 Juni 2020

Setelah pada bulan Januari penduduk Bumi bisa menyaksikan gerhana bulan penumbara, pada 6 Juni 2020 kita akan bisa menyaksikan peristiwa itu kembali.

Mulai dari Kutub Selatan, Samudera Hindia, Afrika, Australia, Asia, sebagian besar Eropa, bagian tenggara Amerika Selatan, hingga Indonesia, akan bisa menyaksikan gerhana bulan penembara tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Astronaut Melompat dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional

3. 21 Juni 2020

Gerhana matahari cincin akan kembali terjadi pada 21 Juni 2020, sayangnya kita yang berada di Indonesia tidak bisa menyaksikan kembali peristiwa alam tersebut.

4. 4 – 5 Juli 2020

Pada tanggal 4 – 5 Juli 2020 gerhana bulan penumbara akan kembali terjadi, namun Indonesia tidak menjadi jalurnya, sehingga kita tidak bisa menyaksikan fenomena alam tersebut.

Peristiwa alam itu akan terlihat di sebagian besar Afrika, sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Atlantik, Pasifik, Eropa Barat Daya, Samudera Hindia, hingga Kutub Selatan.

5. 30 November 2020

Gerhana bulan penumbara akan terjadi kembali, namun kali ini akan menjadi yang terakhir di tahun 2020.

Kabar baiknya penduduk Indonesia bisa melihatnya. Selain itu, gerhana ini juga akan terlihat dari sebagian besar Asia, sebagian besar Eropa, Australia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Atlantik, Pasifik, dan Kutub Utara.

6. 14 Desember 2020

Pada tanggal 14 Desember 2020 akan terjadi gerhana matahari total. Ini merupakan peristiwa gerhana yang terakhir di tahun 2020.

ARTIKEL TERKAIT •
Daftar Asteroid Raksasa Jatuh ke Bumi

Bayangan bulan akan menutup sepenuhnya cahaya Matahari. Gerhana matahari total ini hanya akan terlihat di Afrika bagian selatan, Pasifik, Samudera Hindia, Antartika, dan sebagian besar Amerika Selatan.

Sayang sekali, Indonesia tidak dapat menyaksikan peristiwa ini.

Berikan Nilai Untuk Konten ini