Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya

in ,
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya

Sebagian dari kita mungkin pernag merasakan marah, mudah tersinggung, dan bete tidak tertahankan, hanya gara-gara kelaparan.

Fenomena seseorang menjadi mudah marah saat lapar, bukan berarti kamu orang yang tidak sabaran atau pemarah. Bahkan seseorang yang sangat penyabar pun bisa berubah agresif saat perutnya keroncongan.

Apa sih, penyebab kita marah saat kelaparan?

2250407321
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya |sains.kompas

Kondisi marah atau mudah tersinggung karena lapar, ini dikenal dengan istilah hangry (hungry dan angry).

Alasan orang mudah marah dan tersinggung saat lapar karena otak kekurangan glukosa

Young Asian Businessman In Formal Suit Feeling Hungry, Eating Many Foods On Table At Cafe
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya |honestdocs

Karbohidrat, protein, dan lemak dalam semua makanan yang kamu makan akan diubah menjadi gula sederhana (glukosa), asam amino, dan asam lemak bebas. Nutrisi ini yang akan masuk ke dalam aliran darah ketika didistribusikan ke organ dan jaringan tissue yang digunakan untuk energi.

Paul Currie adalah seorang pakar perilaku nafsu makan sekaligus profesor psikologi di Reed College, mengungkapkan bahwa rasa lapar dapat mengubah seseorang menjadi sangat emosional, yang seringnya timbul sebagai stres, kecemasan, hingga kegelisahan.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

Di sisi lain, otak juga melepaskan hormon ghrelin yang diproduksi di perut untuk memicu rasa lapar. Namun, reseptor penerima sinyal ghrelin tersebar di seluruh tubuh, termasuk dalam hipotalamus otak. Selain merangsang rasa lapar, ghrelin juga menghasilkan respon kecemasan yang akan hilang begitu kamu makan.

Cara mengatasi lapar

Obesity
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya |majalahayah

Cara termudah untuk mengatasi hangry alias perasaan ingin marah karena lapar adalah makan sebelum kamu merasa terlalu lapar. Namun, pastikan pilih sumber makanan yang tepat.

Makan makanan yang tinggi protein. Berbagai penelitian menyebut bahwa protein bisa membuat kita kenyang lebih lama. Protein tidak melulu soal daging, kamu juga bisa mendapatkan protein dari telur rebus, kacang-kacangan, tempe, susu kedelai, oatmeal hingga selai kacang.


Nah, itulah lebih dan kurang penjelasan tentang alasan kenapa orang lapar jadi mudah marah dan tersinggung dan cara untuk mengatasi rasa lapar. Baca juga Bukan Hanya Pertanda Lapar, Ketahui Penyebab Lain Yang Membuat Perut Berbunyi(Buka di tab peramban baru)

ARTIKEL TERKAIT •
Metode Dicing, Bentuk Makanan Pada Masa yang Akan Datang

Berikan Nilai Untuk Konten ini