3 Kebiasaan Makan Yang Harus Kita Hentikan Jika Ingin Hidup Lebih Sehat

in
086589400 1564544980 2019 07 30 1
086589400 1564544980 2019 07 30 1

Apakah kamu ingin jauh lebih sehat ketika sedang atau setelah makan? Kalau demikian, yuk hentikan kebiasaan makan kita yang seperti ini.

Gak memungkiri, walau kita sudah makan banyak apalagi, sudah benar benar mendapat berbagai vitamin dan protein yang baik, kita masih saja merasa kurang begitu sehat.

Nah apabila sudah begini, ini artinya ada yang salah dari kebiasaan makan kamu selama ini. Dan bisa jadi kebiasaanya melibatkan 3 kebiasaan makan ini. Apabila demikian yuk mulai pelan-pelan hilangkan!

1. Takar Porsi Makan

Ini nih kebiasaan makan kebanyakan dari kita yang alhasil menghambat kita untuk bisa hidup lebih sehat.

Kalau gak sampe “sebakul” belum kenyang. Padahal, justru kalau kita makan dalam porsi super berlebih, yang ada membuat kondisi kesehatan tubuh menjadi tidak baik sama sekali.

Oleh karenanya kalau memang ingin hidup lebih sehat, ya mulai takar banget deh porsi makannya. Caranya, makanan kamu bagi dua atau tiga porsi kecil-kecil saja. Nah makan utama kamu ya porsi pertamanya itu.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Hidup Sehat Agar Kamu Panjang Umur

Kalau dari porsi pertama itu kamu sudah merasa kenyang, ya sudah jangan makan lagi. Tapi kalau masih lapar, beri jeda dulu selama 20 menit atau bahkan 1 jam. Karena perlu kamu ingat, usus tidak boleh terus-terusan bekerja.

Kalau kamu paksakan, ya ujung-ujungnya, kamu juga akan sakit perut. Sudha sakit perut, seluruh tubuh juga gak enak banget rasanya.

2. Kurangi Ngemil

Aduh siapa sih yang tidak suka ngemil atau bahas kerennya, mengudap? Gak memungkiri, aktivitas ini emang asyik dan enak banget.

Tapi perlu kamu ingat nih. Kebiasaan mengudap apalagi seperti popcorn, nutrisinya sangat minim. Yang lebih banyak adalah lemak yang mereka tinggalkan. Lebih baik, ngemil yang padat seperti biskuit cokelat.

Itupun juga jangan sering-sering. Karena bisa membuat tubuh makin menggembul. Alhasil, membuat hidup kita tidaj jauh lebih sehat.

3. Jangan Makan Malam

Nah kebiasaan makan ini nih yang masih pro dan kontra. Padahal kebiasaan makan seperti ini nih yang harus kita hentikan jika memang ingin hidup lebih sehat.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Hidup Bahagia, Yang Wajib Kamu Ketahui

Kita memang dari kecil sudah tertanam untuk makan tiga kali dalam sehari. Pagi, siang, dan malam. Sebenarnya ajaran tersebut gak salah. Karena ajaran ini agar kita bisa hidup teratur. Tapi kalau hidup lebih sehat? Sayangnya keliru banget.

Menurut lansiran dari jurnal The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism rilisan 2020. Jurnalnya menyimpulkan bahwa ada kolerasi kuat antara makan malam, sindrom metabolik, dan obesitas.

Intinya kebiasaan makan malam, memperburuk toleranis glukosa serta mengurangi jumlah lemak yang tubuh bakar. Nah itulah tadi 3 kebiasaan makan malam yang harus kita hentikan jika ingin hidup lebih sehat.

Semoga pembahasannya bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini