Sehatpedia

Benarkah Mengoleskan Air Liur Pada Luka Dapat Menyembuhkan Luka?

Saat kulit mengalami luka, maka sebaiknya kita melakukan sesuatu agar luka tadi tidak menjadi infeksi. Biasanya setelah luka dibersihkan, setelah itu luka akan diberi obat yang bisa berbentuk salep ataupun cair. Tapi pernahkah kamu melihat ada seseorang yang mencoba mengobati lukanya dengan menggunakan air liur?

Tak sedikit orang yang menganggap air liur mampu mengobati luka kecil pada kulit. Namun, apakah air liur memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka berukuran kecil? Ketahui fakta sebenarnya mengenai air ludah di bawah ini.

Air liur mengandung zat Histatin

Berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan dan manfaat dari air ludah, dan penyembuhannya terhadap luka kecil.

Baca Juga: Sering Makan Mi Instan? Siap-Siap Hadapi Dampak Kesehatan Menegerikan Ini!

Air Liur Mengandung Zat Histanin
Air liur mengandung zat histanin | potret24.com

Dari penelitian tersebut mengungkap kandungan yang terdapat di dalam air ludah. Dimana terkandung zat protein yang bernama histatin. Zat ini memiliki kemampuan yang dapat menjadi antibakteri atau antimikroba. Sehingga merupakan termasuk dalam sistem kekebalan tubuh bawaan.

Manfaat Histatin untuk menutup luka

Terdapat tiga jenis zat histatin utama, di antaranya histatin 1, 3, dan 5. Tiap jenisnya mempunyai kandungan asam amino yang jumlahnya tidak sama. Jumlah kandungan histatin terbanyak dikeluarkan oleh kelenjar ebner. Yang mana kelenjar ini terletak di belakang lidah. Sehingga zat histatin menjadi tameng pertama terhadap mikroba atau bakteri yang mencoba masuk ke dalam luka.

Baca Juga: 3 Efek Kesehatan Mengerikan Jika Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Dan juga, zat histatin juga memiliki fungsi untuk membuat ikatan ion logam yang dapat menutup luka. Sehingga fakta itulah yang menjadi alasan kuat kenapa air liu dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Menyembuhkan Luka
Menyembuhkan luka |doktersehat.com

Terungkapnya fakta bahwa air liur memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka dengan cepat merupakan penemuan penting dalam dunia kedokteran. Sehingga peneliti berharap agar tubuh mampu memproduksi zat histanin agar menjadi kobat untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga: Dampak Jika Kita Sering Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Peneliti juga berharap agar zat histatin dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan penyakit kronis, seperti penyakit diabetes ataupun luka bakar.

Hal ini pun juga sering dilakukan oleh hewan ketika mereka terluka, agar lukanya bisa disembuhkan dengan cepat.

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Related Posts