Begini, 5 Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat

in
Mengatasi Penyakit Asam Lambung
Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Seperti diketahui, asam lambung diperlukan oleh tubuh untuk mencerna makanan. Terkadang tanpa kita sadari, kadar asam lambung pada tubuh berlebih. Sehingga dapat mengakibatkan kita mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Lantas bagaimana cara mengatasi asam lambung dengan efektif?

Gejala asam lambung bisa disebabkan karena gaya hidup seseorang yang asal-asalan. Oleh karena itu, kita harus mampu mengubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup yang sehat. Asam lambung bisa naik menuju kerongkongan karena tidak berfungsinya katup antara lambung dengan kerongkongan.

Kondisi ini dikenal dengan sebutan GERD (gastroesophageal reflux disease). Akibat dari GERD adalah menimbulkan rasa sakit di dada atau nyeri pada ulu hati, mulut terasa pahit atau asam, serta sulit untuk menelan.

Cara mengatasi masalah asam lambung yang tinggi

Untuk mengobati asam lambung diperlukan perubahan gaya hidup kita. Karena jika tidak, kita akan mengalami gejala-gejala yang tentunya menganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut cara mengatasi atau mencegah asam lambung yang tinggi.

1. Mengatur porsi makan dan menjauhi makanan pemicunya

Jangan Makan Berlebihan Untuk Mengatasi Asam Lambung
Jangan Makan Berlebihan via https://www.tribunnews.com/

Kondisi GERD dapat disebabkan karena saat seseorang mengkonsumsi makanan yang banyak memiliki lemak. Dan dimana, makanan berlemak ini tentu akan sulit untuk dicerna sistem pencernaan tubuh, sehingga asam lambung akan banyak diproduksi yang bisa saja naik ke kerongkongan.

ARTIKEL TERKAIT •
Kok Bisa Mulut Kita Bau? Apa Saja Penyebabnya?

Ini Dia 8 Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung!

Makanan dan minuman seperti alkohol, kopi, coklat, dan makanan pedas lebih baik tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena makanan dan minuman tadi dapat membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga akan berdampak pada asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Jika kita tetap saja mengabaikan hal ini, bukannya dapat mengatasi masalah lambung, tapi yang terjadi malah kondisinya akan semakin buruk.

2. Tidak mengenakan pakaian ketat di perut

Jangan Kenakan Pakaian Ketat
Jangan Kenakan Pakaian Ketat | via https://www.idntimes.com/

Ketika kita mengenakan pakain ketat di bagian perut akan menyebabkan perut tertekan sehingga isi yang ada di dalam lambung akan naik menuju kerongkongan dan bisa saja kita memuntahkan apa yang dikonsumsi sebelumnya.

Memang terdengar sepele sih. Namun, Bagaimana pula jika ingin mengatasi asam lambung yang naik, tapi kita menyepelekan perihal ini.

3. Untuk mengatasi masalah asam lambung, tidurlah yang cukup

Tidurlah Yang Cukup
Tidurlah Yang Cukup | via https://faktualnews.co/

Kurang tidur dapat memicu kita memproduksi hormon stress sehingga menyebabkan terjadinya refluks asam lambung. Keadaan ini bisa mengakibatkan kita terkena penyakit komplikasi dan membuat penyakit menjadi parah. Maka dari itu jika kita ingin mengatasi masalah asam lambung, disarankan tidurlah dengan porsi waktu yang cukup.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali Kanker Darah yang Diidap Ani Yudhoyono, Penyakit yang Mematikan!

Kamu Insomnia? Berikut 5 Tips Mengatasi Susah Tidur

4. Jauhi kebiasaan yang tidak sehat

Jauhi Kebiasaan Buruk
Jauhi Kebiasaan Buruk | via https://wartakota.tribunnews.com/

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, berbaring setelah makan, atau langsung berjalan setelah makan dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar kita dapat mengatasi masalah asam lambung ini.

Setidaknya berilah jeda waktu setelah makan sebelum kamu berbaring atau menjalankan aktivitas lainnya.

5. Jangan lakukan gerakan yang bisa menekan perut

Hindari Gerakan Yang Menekan Perut
Hindari Gerakan Yang Menekan Perut | via UiHere

Olahraga memang sangat dibutuhkan bagi semua orang. Namun, perlu diingat janga lakukan gerakan-gerakan yang bisa menekan bagian lambung kita, contohnya melompat atau bergoyang-goyang.

Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan Atau Setelah Sarapan Ya?

Kita harus memperhatikan waktu olahraga juga, jangan berolahraga setelah baru makan atau dalam kondisi perut terisi. Dan perhatikan juga porsi olahraga kita, jangan sampai berlebihan.

Nah itulah penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi asam lambung yang naik. Memang selain memperbaiki gaya hidup, asam lambung bisa juga diobati menggunakan bahan-bahan alami. Ingatlah lebih baik mencegah daripada mengatasi ya.

ARTIKEL TERKAIT •
Kok Bisa Mulut Kita Bau? Apa Saja Penyebabnya?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.