menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comKesehatanInilah 5 Tanda Umum Dari Infeksi Menular Seksual

Inilah 5 Tanda Umum Dari Infeksi Menular Seksual

Tanda Umum Infeksi Menular Seksual
029903900 1483445533 Topic Article Gejala Gonore Sifilis Nyeri Pipis Kencing

Berikut adalah 5 tanda umum dari infeksi menular seksual.

Infeksi menular seksual (IMS) gak dipungkiri merupakan momok yang amat sangat baik bagi pria maupun wanita.

Pasalnya penyakit yang biasanya didapatkan setelah melakukan hubungan seks yang tak aman (safe sex) ini, tidak hanya membahayakan kesehatan seksual, namun juga mengancam nyawa.

Dan faktanya memang banyak sekali orang yang meninggal karena infeksi menular seksual. Ironisnya masih banyak individu di luar sana yang merasa aman-aman saja padahal, dia “rajin jajan” kesana kemari.

Dna tentunya hal tersebut sangatlah mengkhawatirkan. Nah agar kita juga bisa terhindar dari infeksi menular seksual yang ada. Yuk, langsung saja simak nih 5 tanda umum dari individu yang sudah positif terkena infeksi menular seksual nya.

1. Keputihan Yang Tidak Normal

infeksi menular seksual
Keptihan gak biasa | CantikTempo

Tanda umum infeksi menular seksual pertama, adalah si penderita sering mengalami keputihan yang tidak normal.

Pokoknya kalau kamu (biasanya wanita) tiba-tiba mengalami keputihan yang gak biasa apalagi, sampai mengeluarkan bau tak sedap, buru-buru deh konsultasikan diri ke dokter.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Kencing Di Kolam Renang Itu Berbahaya!

2. Ada Benjolan Atau Luka

Cervical Cancer 1 1280x720 1
Periksa benjolan |Limone

Nah ini dia tanda umum infeksi menular seksual yang umum banget kita baca, dengar, atau nonton di televisi.

Sama seperti penyakit infeksi pada umumnya, apabila kita sudah mengalami IMS, aka nada benjolan atau luka di sekitar kemaluan kita. Dan ini nih. Masih banyak dari kita yang menganggapnya karena “gerah”, keringat, atau gatal biasa.

Memang sih tipis banget. Tapi ya kalau memang kamu pernah atau bahkan sering melakukan hubungan seks tanpa perlindungan, bisa jadi luka atau benjolan nya adalah IMS. Biar pastinya, langsung saja periksaskan ke dokter oke?

3. Nyeri Panggul

Radang Panggul Alodokter
Radang Panggul Alodokter

Tanda umum infeksi menular seksual ini mungkin adalah yang paling rancu. Karena nyeri panggul atau perut jug bisa dialami karena alasan atau penyakit umum juga.

Lalu bagaimana kalau nyeri panggul atau peut IMS? Selain terasa lebih sakit, juga kalau di rontgen / sinar-X, atau diperiksa langsung dokternya, maka terlihat kalau bakteri IMS sudah naik ke rahim dan perut.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil, Bunda Harus Tahu

Jadi lagi-lagi, untuk lebih pastinya, langsung saja deh kamu periksakan diri ke dokter.

4. Perubahan Pada Urine

5e58698c62ef2
Warnanya berubah | Kompas Health

Maksudnya perubahan disini, adalah selain ketika kita merasa sakit atau sensasi terbakar ketika ber-urin, juga biasanya (apalagi kalau sudah parah), air urin akan berubah warna menjadi lebih pekat.

Nah hati-hati nih. Kalau sudah pekat lebih dari warna teh, nantinya biasanya, akan bercampur juga dengan darah. IH NGERI kan? Kalau misalkan sudah begini, harus segera ditanggulangi oleh yang ahli.

5. Sakit Ketika Berhubungan Seks

1308286shutterstock 71069551780x390 20150903 201045
Sakit Banget Pas Lagi Kayak Gitu | Tribu News

Bedakan banget rasa sakit antara sakit karena tekanan ke pasangan yang terlalu “agresif” dengan rasa sakita karena IMS.

Biasanya (well, gue rajin baca artikel kesehatan) rasa sakit ketika hubungan seks yang dikarenakan IMS, adalah jauh terasa lebih seperti nyeri-nyeri orang yang sedang sakit.

Sedangkan umumnya kalau rasa sakit karena “permainan” yang terlalu panas, rasanya jauh lebih ke “cenat cenut”. Itulah tadi 5 tanda umum dari infeksi menular seksual. Semoga bermanfaat ya!

Add comment