Sehatpedia

Prosopagnosia, Sebuah Kelainan Sulit Mengenali Wajah

Mereka memang dapat mengetahui bentuk wajah, mengindetifikasi bagian wajah seperti mulut, hidung, mata, dan lain-lain, namun mereka tidak tahu siapa pemilik wajah itu.

Prosopagnosia adalah kelainan dalam mempersepsi wajah, sehingga penderita akan sulit mengenali wajah yang pernah dilihat atau bahkan dengan wajahnya sendiri. Mereka memang dapat mengetahui bentuk wajah, mengindetifikasi bagian wajah seperti mulut, hidung, mata, dan lain-lain, namun mereka tidak tahu siapa pemilik wajah itu.

Istilah prosopagnosia pertama kali dicetuskan oleh Joachim Bodamer pada tahun 1947.

Karena Kondisi Neurologi

Penyebab kelainan ini adalah kondisi neurologis, meskipun penyebabnya masih belum dipahami dengan baik. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan.

Bagian otak yang berhubungan dengan prosopagnosia adalah fusiform gyrus. Fusiform gyrus merupakan bagian dari otak yang bertugas mengkordinasi saraf yang mengontrol persepsi wajah dan memori. Bagian otak ini terletak di bagian kanan otak.

Ada juga penyebab lain yang bisa berakibat munculnya kelainan ini, yaitu cedera otak, stroke, penyakit neurodegenerative. Mereka memiliki pengenalan wajah yang baik di masa lalu, namun kemampuan tersebut hilang atau berkurang akibat cedera otak. Kelainan ini disebut juga Acquired prosopagnosia.

1 2 3

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.