Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul yang Harus Segera Periksa ke Dokter

in , ,
ciri-ciri wanita mandul |doktersehat.com
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul yang Harus Segera Periksa ke Dokter

Kegagalan atau kesulitan mendapatkan keturunan, bagi pasangan suami istri yang sudah berusaha selama satu tahun bahkan lebih dalam melakukan hubungan intim. Namun hal ini belum juga diberikan momogan, maka Anda harus kenali ciri-ciri perempuan mandul yang tidak bisa dilihat secara fisik saja. Namun tanda-tandanya bisa dipelajari untuk kemudian dilakukan pencegahan.

Ciri-ciri perempuan mandul sejak dini

Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, Anda dapat segera menjalani penanganan yang tepat, agar Buah Hati dapat segera hadir. Tentu di sisi lain, terkadang lelaki juga bisa mengalaminya. Oleh karena itu, Anda wajib mengenali beberapa ciri-ciri perempuan mandul dan solusinya.

1. Menstruasi berat

Rawpixel 1055771 Unsplash Edited D345bb45e365fb4573897b6ebc59f3bc 600xauto
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul|popmama

Secara umum, Menstruasi berat atau disebut juga menorrhagia adalah kondisi dimana banyak sekali darah yang dikeluarkan dari tubuh pada saat datang bulan. Ini merupakan ciri-ciri hormon yang tak seimbang. Bisa dikarenakan stres, cemas, khawatir, dan permasalahan kognitif lainnya.

Kelebihan darah saat sedang menstruasi pun berpotensi menyebabkan kemandulan. Menstruasi berat juga disebut menorrhagia, saat mengalami ini seorang perempuan akan mengeluarkan banyak darah.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Whey Protein dan Protein Kasein Dalam Susu

2. Darah menstruasi gelap atau pucat

Penyebab Darah Haid Sedikit Doktersehat
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul | doktersehat

Ciri-ciri kemandulan kedua yang perlu Anda waspadai adalah darah mentruasi yang gelap atau pucat. Kalau menstruasi secara berangsur berwarna lebih pucat ketimbang awal menstruasi, maka ini perlu dikhawatirkan sebagai salah satu dari tanda-tanda perempuan mandul. Umunya, darah menstrasui berwarna merah terang di awal siklus lalu lebih gelap di hari-hari berikutnya. Tapi kalau darah menjadi berwarna gelap banget di akhir menstruasi, ini bisa menjadi tanda keberadaan endometriosis.

3. Siklus haid tidak teratur

E36c2102 8fb9 41ef B3f0 A87369a36e24 43
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul |wolipop.detik

Haid tidak teratur yang tidak diprediksi kedatangannya ini menjadi tanda wanita mandul. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari stres hingga riwayat penyakit tertentu, seperti kelainan hormon atau polycystic ovarian syndrome (PCOS). Jadi, menstruasi tidak teratur bukan serta-merta menandakan gangguan kesuburan. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu tanda wanita yang tidak subur.

4. Terasa sakit saat berhubungan seks

1890446576
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul | lifestyle.kompas

Terasa sakit saat berhubungan seksual ini biasa disebut sebagai dyspareunia. Kondisi ini, masuk sebagai salah satu tanda wanita mandul. Sebab, dyspareunia kerap muncul sebagai gejala penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kesuburan, seperti infeksi di vagina maupun fibroid (pertumbuhan sel abnormal pada rahim).

ARTIKEL TERKAIT •
Air Bekas Rebusan Mie Tidaklah Berbahaya

5. Berat badan naik dengan cepat

024211400 1540552694 002099600 1470131725 Badan Gemuk Kegemukan Obesitas1
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul |liputan6

Perempuan yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan atau Obesitas. Kelebihan berat badan bisa menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita. Selain itu, apabila kehamilan berhasil dicapai, wanita dengan kondisi obesitas berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pada kehamilannya, dengan wanita dengan berat badan normal.


Itulah beberapa penjelasan tentang tanda-tanda perempuan mandul yang harus segerah periksa ke dokter. Semoga bermafaat. Baca juga Gejala Haid Tidak Normal Sering Terjadi, Wajib Waspada(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini