7 Kulit Buah dan Sayuran Yang Ternyata Kaya Akan Manfaat, Jangan Dibuang Lagi Ya

in ,
Buah dan sayuran yang kulitnya tidak harus dibuang
Buah dan sayuran yang kulitnya tidak harus dibuang

Apakah kamu pernah melihat seseorang mengupas kulit buah atau sayuran? Biasanya buah yang sering dikupas kulitnya ialah mangga. Namun, faktanya kulit mangga memiliki kandungan yang luar biasa bagi tubuh kita, lho.

Hal tersebut berlaku juga dengan beberapa jenis sayuran seperti wortel atau tomat. Kedua sayuran ini sering dikupas kulitnya sebelum diolah menjadi sebuah makanan. Selain mangga, wortel, dan tomat, ternyata masih ada beberapa buah dan sayuran yang lebih baik dimakan langsung sama kulit-kulitnya.

1. Sayur terong

Kulit Sayur Terong
Kulit Sayur Terong | via https://www.halodoc.com/

Kulit sayuran yang sebaiknya jangan dikupas dan langsung dimakan dengan kulit-kulitnya adalah sayur terong. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit terong memiliki manfaat untuk tidak mudah terkena penyakit kanker dan membuat tubuh lebih berenergi dan segar.

Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

2. Buah apel

Kulit Buah Apel 1
Kulit Buah Apel | via https://travel.tribunnews.com/

Nah buah yang satu ini sangat sering dikupas kulitnya sebelum dimakan. Apel memiliki kandungan serat yang banyak. Tapi sebagian lebih kandungan seratnya tersebut berada pada bagian kulitnya lho, bukan pada daging buahnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Ladies Harus Tahu, 6 Kebiasaan Sepele Yang Membuat Kulit Wajah Mudah Berminyak

Selain serat, kulit apel juga lebih banyak mengandung mineral potasium, Vitamin A, C, dan K dibandingkan dengan daging buahnya.

3. Sayur wortel

Kulit Sayur Wortel 1
Kulit Sayur Wortel | via https://kumparan.com/

Warna dan bentuk antara kulit wortel yang serupa, membuat kandungan antara kulit dan daging wortel lebih kurang juga sama. Maka jika kita membuang kulit wortel, itu tandanya kita telah membuang setengah kandungan hebat dari sayur wortel. Rugi banyak dong.

5 Buah Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Di Kulkas

4. Buah semangka

Kulit Buah Semangka
Kulit Buah Semangka | via https://www.sehatq.com/

Sama dengan buah apel, kandungan terbaik pada buah semangka terdapat pada bagian kulitnya, bukan pada daging buahnya. Buah semangka kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk jantung, sistem sirkulasi tubuh, dan sistem kekebalan pada tubuh.

Karena ukurannya yang tebal, kita bisa mengolahnya menjadi acar, ditumis, atau dijus sampai kulitnya.

5. Sayur mentimun

Kulit Sayur Mentimun
Kulit Sayur Mentimun | via https://blog.tribunjualbeli.com/

Kalau kita berpikir daging timun memiliki lebih banyak kandungan antiosidan, vitamin K, potasium, dan serat itu salah. Ternyata kandungan-kandungan tersebut lebih banyak dimiliki pada bagian kulitnya. Kulit mentimun juga memiliki air yang baik untuk menghidrasi tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Gejala Kanker Kulit Harus Diketahui

Benarkah Biji Buah Jambu Menjadi Penyebab Radang Usus Buntu?

6. Sayur kentang

Kulit Sayur Kentang
Kulit Sayur Kentang | via https://www.fimela.com/

Di dalam kulit kentang terkandung banyak nutrisi sehat bagi tubuh kita. Diantaranya zat besi, potassium, Vitamin B6, Vitamin C, kalsium, hingga magnesium. Jika kita tidak mengolah sampai bagian kulitnya, itu sama saja kita membuang sebanyak 90 persen nutrisi zat besi dan sebagian serat.

7. Buah mangga

Kulit Buah Mangga
Kulit Buah Mangga | via https://www.beautynesia.id/

Untuk kamu yang sedang dalam menjalani program cepat langsing, bisa memanfaatkan kulit mangga. Karena kulit mangga mempunyai kandungan mineral dan Vitamin yang tinggi.

Sebuah penelitian dilakukan mengungkapkan kulit mangga dapat membantu membakar lemak jenuh dan membakar lebih banyak lemak pada tubuh. Khasiat ini tidak akan kita temui dari bagian daging buahnya.

Nah itulah, beberapa sayuran dan buah yang sebaiknya tidak dikupas kulitnya. Karena walaupun berada di luar, ternyata bagian kulit ini memiliki kandungan yang hebat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.