5 Tips Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Cluster di Rumah

in
Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Cluster
Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Cluster

Apakah kamu pernah mengalami sakit kepala cluster? Ya, sakit kepala ini kerap datang secara tiba-tiba. Sehingga akan sangat menganggu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang coba mengatasinya dengan membeli obat dokter, namun ternyata kita bisa mengobatinya ini dengan hanya di rumah saja.

Rasa sakit kepala cluster akan menyebabkan rasa nyeri nyut-nyutan dengan intensitas tinggi di area kepala hingga menuju mata. Kondisi ini biasanya menyerang saat malam hari. Tanpa disadari kita terbangun dari tidur dan merasakan sakit di bagian kepala.

Ternyata sakit kepala cluster bisa diobati di rumah saja

Rasa sakit biasanya akan berlangsung selama 30 sampai 45 menit. Beberapa penyebab seperti berubahnya kadar hormon, seperti kortisol dan melatonin, jet lag, atau kurang tidur dapat memicu timbulnya gejala sakit pada bagian kepala. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan tanp harus membeli obat di apotik.

Mengapa Orang Yang Sakit Wajahnya Terlihat Pucat?

1. Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesium

Kacang Kacangan
Kacang Kacangan | via https://bobo.grid.id/

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk mengatasi rasa sakit kepala cluster adalah memenuhi kadar magnesium pada tubuhmu. Yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan magnesium. Makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan, ceri, brokoli, pisang, dan lain-lain.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

2. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B2

Sayur Sayuran Hijau
Sayur Sayuran Hijau | via https://food.detik.com/

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, untuk mengatasi masalah sakit kepala yang datang tiba-tiba disarankan untuk kamu mengkonsumsi makann yang mengandung vitamin B2. Contoh makanan-makanan yang mengandung vitamin B2, seperti hati dan daging ayam, telur, sayuran hijau, produk susu, dan lainnya.

Konsumsi 3 Vitamin Penting Cegah Virus Corona

3. Minum teh jahe untuk mengatasi sakit kepala cluster

Mengkonsumsi Tehjahe Untuk Mengatasi Sakit Kepala Cluster
Mengkonsumsi Teh jahe | via https://brilicious.brilio.net/

Sejak jaman nenek moyang kita, jahe sudah dipercaya sebagai obat untuk ampuh meredakan sakit kepala, seperti migrain dan cluster. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki manfaat yang sama dengan obat-obat yang sering digunakan untuk mengobati sakit kepala, salah satunya obat sumaptriptan.

4. Oleskan minyak esensial

Mengoleskan Minyak Esensial
Mengoleskan Minyak Esensial | via https://health.kompas.com/

Aromanya yang wangi sangat memanjakan hidung. Ternyata wangi khasnya ini bisa kamu gunakan sebagai obat dari gejala sakit kepala ini. Caranya campurkan minyak kayu putih dengan minyak peppermint atau minyak jojoba yang telah dicampur dengan minyak kelapa, lalu oleskan ke bagian pelipis atau dahi kamu.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Secangkir Kopi Sambil Menikmati Sunrise & Lautan Awan Di Bukit Pamoyanan, Subang

5. Jauhi kafein

Jauhi Minum Kopi
Jauhi Minum Kopi | via https://journal.sociolla.com/

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang menderita sakit kepala cluster, harus menjauhi makanan atau minuman yang berbau kafein. Karena jika kamu mengkonsumsinya, rasa sakit akan segera datang dan sulit sembuh.

Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala cluster. Jika masalah ini belum juga teratasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan biarkan rasa sakit itu menganggu kehidupan kamu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.