Manfaat Bawang Putih Baik Bagi Kesehatan Tubuh

in
Manfaat Hebat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Hebat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata selain sebagai penambah rasa makanan, bumbu dapur juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Manfaat bawang putih bagi tubuh sangatlah luar biasa, seperti pencegah penyakit, pengobat penyakit, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Sudah sejak dahulu kala, bawang putih sering digunakan untuk obat dari berbagai penyakit dan memiliki efek baik bagi tubuh. Berikut adalah khasiat dari bawang putih mentah yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat bawang putih yang bagi kesehatan tubuh

1. Mengobati pilek

Mengobati Pilek
Mengobati Pilek | Source

Manfaat yang pertama adalah mampu menangani penyakit pilek. Bawang putih yang dimasukkan sebagai bumbu penyedap makanan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, Dan Pilek

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kandungan allicin yang ada pada bawang putih berkhasiat untuk membuat peluang mengalami pilek berkurang dan mempermudah mengobati penderita penyakit pilek.

2. Mengurangi kadar kolestrol

Mengurangi Kadar Kolestrol
Mengurangi Kadar Kolestrol | Source

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari bawang putih adalah mampu mengurangi kadar kolestrol. Tentu yang dimaksud adalah kolestrol jahat atau LDL. Mengkonsumsi bawang putih dikatakan mampu mengurangi kadar kolestrol jahat LDL sejumlah 10 persen hingga 15 persen.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menetralisir Racun Di Dalam Tubuh

3. Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah

Manfaat Bawang Putih Untuk Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah | Source

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bawang putih berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengemukakan kalau 600 sampai 1500 miligram ekstrak bawang putih menawarkan efek yang serupa dengan obat atenolol selama 24 minggu.

Penyakit Darah Tinggi Karena Sering Marah-Marah, Apa Benar?

Jika kamu memang sekali bawang putih mentah, kau bisa mengkonsumsi empat siung bawang putih tiap harinya.

4. Manfaat bawang putih untuk Melindungi jantung

Manfaat bawang putih untuk Melindungi Jantung
Melindungi Jantung | Source

Manfaat bawang putih lainnya adalah untuk melindungi jantung. Bawang putih memiliki kandungan diallyl trisulfide, dimana berguna untuk melindungi jantung seusai bedah jantung dan sesudah serangan jantung. Dan juga dapat dimanfaatkan untuk penanganan jika gagal jantung.

Dari penelitian yang dilakukan pada tikus yang terkena serangan jantung, kandungan diallyl trisulfide yang diberikan pada tikus mampu menurunkan kerusakan jantung sejumlah 61 persen.

5. Menurunkan resiko terkena kanker prostat

Meminimalisir Terkena Kanker Prostat
Meminimalisir Terkena Kanker Prostat | Source

Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan peluang terkena kanker prostat. Akan tetapi, bukti ini masih belum sepenuhnya valid. Masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai apakah bawang putih berdampak positif pada penurunan resiko terjangkit kanker prostat.

ARTIKEL TERKAIT •
Beberapa Makanan Peningkat Kualitas Sperma

6. Mengurangi resiko terjangkit kanker paru

Mengurangi Resiko Terjangkit Kanker Paru
Mengurangi Resiko Terjangkit Kanker Paru | Source

Seseorang yang selalu rutin mengkonsumsi bawang putih sebanyak dua kali dalam seminggu mempunyai resiko rendah sejumlah 44 persen terjangkit kanker paru-paru. Namun, harus dilakukan beberapa penelitian lagi untuk membuktikan manfaat bawang putih terhadap penurunan resiko terkena penyakit kanker paru.

4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Paru-Paru Sehat

Nah, itulah 6 manfaat bawang putih yang bisa kamu dapatkan. Manfaatnya bisa didapatkan dari bawang putih mentah maupun yang sudah dimasak. Semoga dengan mengetahui efek luar biasa dari bawang putih ini, kita lebih tahu mana saja makanan-makanan yang memiliki khasiat bagi tubuh kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.